Pengaruh model pembelajaran problem based learning - computational thinking (pbl - ct) terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat pebelajar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam / Febrina Hariana Gultom - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning - computational thinking (pbl - ct) terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat pebelajar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam / Febrina Hariana Gultom

Gultom, Febrina Hariana (2022) Pengaruh model pembelajaran problem based learning - computational thinking (pbl - ct) terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat pebelajar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam / Febrina Hariana Gultom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gultom Febrina Hariana. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning -Computational Thinking (PBL ndash CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau Dari Minat Pebelajar Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tesis Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Saida Ulfa S.T. M.Edu. Ph.D. (2) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci Problem Based Learning -Computational Thinking (PBL ndash CT) Kemampuan Berpikir Analitis Minat Pebelajar. Kemampuan berpikir analitis diperlukan dalam pemecahan masalah IPA yang perlu terus diasah dan dikembangkan melalui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berpikir analitis tidak hanya sekedar memahami apa yang harus diselesaikan oleh pebelajar tetapi diperoleh dari pemikiran kritis dan kemampuan pebelajar untuk mengaitkan ulang informasi menata ulang informasi yang diterima kemudian dikembangkan sehingga menghasilkan pemecahan masalah. Problem Based Learning diketahui sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Tetapi dalam penerapannya Problem Based Learning bukanlah model pembelajaran yang mudah untuk diimplementasikan sehingga banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan Problem Based Learning. Pada penelitian ini Problem Based Learning diintegraasikan dengan computational thinking untuk memudahkan pebelajar dalam memperoleh pengetahuan mengenai permasalahan IPA. Selain model pembelajaran yang digunakan guru minat dapat mempengaruhi rasa ketertarikan pada matapelajaran karena dengan minat yang tinggi akan menolong pebelajar menguasai konsep dan penguasaan konsep yang baik akan meningkatkan hasil belajar dan memberikan kualitas belajar sehingga pebelajar mampu mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning - Computational Thinking (PBL - CT) terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat pebelajar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rancangan penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) Non Equivalent Group Design. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning - Computational Thinking (PBL - CT). Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model Problem Based Learning setelah itu kedua kelompok diberikan post test. Hasil belajar memperlihatkan bahwa (1) Kemampuan berpikir analitis pebelajar yang melakukan pembelajaran dengan Problem Based Learning - Computational Thinking (PBL-CT) lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir analitis yang yang melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis antara pebelajar yang memiliki minat belajar terhadap IPA yang tinggi sedang dan rendah (3) terdapat interaksi antara Problem Based Learning - Computational Thinking (PBL-CT) terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat pebelajar terhadap matapelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:29
Last Modified: 25 Apr 2024 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305101

Actions (login required)

View Item View Item