Pengembangan buku dengan fitur <em>augmented reality</em> tentang benua mata pelajaran IPS kelas IX / Ari Gunawan Jatmiko</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku dengan fitur <em>augmented reality</em> tentang benua mata pelajaran IPS kelas IX / Ari Gunawan Jatmiko</p>

Jatmiko, Ari Gunawan (2022) Pengembangan buku dengan fitur <em>augmented reality</em> tentang benua mata pelajaran IPS kelas IX / Ari Gunawan Jatmiko</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Augmented reality merupakan gabungan antara benda maya dan nyata.memiliki keunggulan unik karena mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran IPS tentang benua membutuhkan metode yang tepat untuk mengatasi measalah pembelajaran yang membosankan diperlukan buku yang mampu menunjang proses pembelajaran memusatkan perhatian siswa dan membuat siswa termotivasi serta aktif dalam pembelajaran IPS tentang benua Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan augmented reality book karakteristik benua untuk kelas IX IPS yang valid/layak digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisis perbedaan tiap benua. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens. Model pengembangan ini khusus digunakan untuk mengembangkan produk berbasis multimedia. Dengan menggunakan model yang prosedural dan setiap langkahnya tersusun secara sistematis cocok digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Subjek penelitian yaitu sejumlah 25 siswa di SMPK Mardi Wiyata malang. Alat ukur yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu angket ahli augmented reality book materi angket respon siswa dan soal pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan augmented reality book karakteristik benua Dalam pelaksanaan validasi oleh Ahli Materi dan Media menilai augmented reality book karakteristik benua layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil presentase yang diperoleh dari validasi Ahli Materi dan Ahli Media adalah 90 4% dan 97 3%. Dalam uji coba yang dilakukan mendapatkan respon yang bagus. Hal ini dibuktikan dengan penilaian respon uji coba perorangan 87 5% uji coba kelompok kecil 89% dan uji coba lapangan 90 8%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa augmented reality book dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar mengenai karakteristik benua. Berdasarkan hasil uji n-gain terhadap nilai pretest dibandingkan dengan nilai posttest siswa hasil pengujian diperoleh nilai presentase keefektifan yang diperoleh sebesar 60 85% yang dikategorikan cukup efektif sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Perbedaan tersebut membawa pada kesimpulan keefektifan pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga menghasilkan proses belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305100

Actions (login required)

View Item View Item