Perbedaan kinerja keuangan perusahaan farmasi sebelum dan sesudah go public / Bagus Sulaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kinerja keuangan perusahaan farmasi sebelum dan sesudah go public / Bagus Sulaksono

Sulaksono, Bagus (2009) Perbedaan kinerja keuangan perusahaan farmasi sebelum dan sesudah go public / Bagus Sulaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja Keuangan di dalam suatu perusahaan sangatlah penting karena dapat digunakan untuk mengetahui kondisi perusahaan tersebut. Untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan diperlukan analisis rasio yang bisa menghubungkan antara perkiraan neraca dan laporan laba-rugi terhadap laporan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan farmasi dinilai dengan metode du pont pada saat sebelum dan sesudah go public. Dan apakah ada perbedaan kinerja keuangan perusahaan farmasi antara periode sebelum dan sesudah go public. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana kinerja keuangan diukur dengan variabel ROI Financial Leverage dan ROE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan farmasi yang telah listing di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan sampel dari penelitian ini adalah PT. Indofarma Tbk PT Kimifarma Tbk PT Prydamfarma Tbk dan PT. Akbar Indo Makmur Stimec Tbk. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi pada laporan keuangan yang dipublikasikan dan diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Pojok Bursa Efek Jakarta Universitas Brawijaya dan Pusat Data Bisnis Universitas Negeri Malang. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample two test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan farmasi sebelum go public dapat dikategorikan rendah walaupun terjadi peningkatan dari tahun ke tahun pada ROI Financial Leverage dan ROE. Ketika perusahaan setelah go public juga dapat dikategorikan rendah walaupun terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Hasil uji statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ROI sebelum dan sesudah go public tetapi terdapat perbedaan yang signifikan antara financial leverage sebelum dan sesudah go public dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ROE sebelum dan sesudah go public.Secara keseluruhan diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan perusahaan farmasi sebelum dan sesudah go public sehingga tujuan perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangannya dengan go public belum tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya jangka waktu yang lebih panjang sehingga akan dapat tercapai suatu tujuan penelitian. Bagi perusahaan yang melakukan go public agar dapat lebih meningkatkan ROI ROE dan menurunkan financial leverage karena peningkatan dan penurunan tersebut memperlihatkan kondisi suatu perusahaan sehingga bila terjadi peningkatan terhadap ROI dan ROE maka banyak investor yang mau menanamkan modalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30510

Actions (login required)

View Item View Item