Hariadi, Muhamad Fahmi (2022) Pengembangan e-modul berbasis gamifikasi dan metode reading to learn pada mata pelajaran bahasa inggris Kelas x SMA Kota Malang / Muhamad Fahmi Hariadi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengatasi kebutuhan bahan ajar yangmenarik memotivasi dan meningkatkan engagement siswa serta dapat melatihketerampilan Reading and Writing siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggrissiswa SMA. Selama ini siswa hanya menggunakan buku pelajaran jenis printedyang konvensional dan Lembar Kerja Siswa yang sifatnya monoton sehingga siswa kurang engaged dengan materi pembelajaran. Selain itu bahan ajar yangtersedia tidak memberikan pajanan atau latihan yang memadai untuk keterampilanReading and Writing. Bahan ajar yang tersedia kurang memenuhi kebutuhansiswa untuk belajar mandiri dan kurang sesuai dengan kebutuhan siswa yangmemerlukan bahan ajar digital. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengembangan bahanajar yang inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa yang merupakan generasi Z. Elektronik Modul (e-modul) merupakan alternatif bahan ajar yang lebih dinamisdalam bentuk digital yang sesuai untuk generasi native digital. Untuk mengatasi kurangnya pajanan/eksposure terhadap praktek membaca dan menulis pendekatanReading to Learn [1] merupakan pendekatan yang cocok karena menerapkan4tahapan yang membimbing siswa sedangkan untuk mengatasi monoton kurangmemotivasi dan kurangnya engagement siswa unsur-unsur gamifikasi dimasukkan ke dalam bahan ajar. Rumusan masalah pada penelitian adalah Bagaimana mengembangkanElektronik-Modul Reading and Writing Berbasis Pendekatan Reading to Learndan Gamifikasi pada matapelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA Respondenpenelitian ini adalah siswa-siswa SMAN 8 Malang. Metode penelitianyangdigunakan adalah metode pengembangan yang berdasarkan pada R amp DModel ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Pada tahapAnalysis akan dilakukan analisis bahan ajar yang tersedia KDkurikulumdankarakteristik siswa. Pada Tahap Design digunakan framework Reading to Learndan memasukkan unsur gamifikasi berupa challenge score badges leaderboard reward serta achievement. Instrumen penelitian yang digunakan adalahKuesioner Ahli Materi Kuesioner Ahli Media dan Kuesioner Siswa. Hasil pengembangan penelitian ini adalah e-module yang terdiri dari 3unit yang reading dan writing dengan jenis text Deskriptif Announcement Historical dan Narrative (Legend) yang disusun berdasarkan Reading to Learn Approachdan prinsip-prinsip gamifikasi. E-Modul ini kemudian divalidasi oleh dua orangahli yaitu ahli materi satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dandikonfirmasi kepada Guru Bahasa Inggris SMA (praktisi). Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ini layak untuk dipakai dengan revisi. Setelah itu e- modul juga dievaluasi oleh ahli media dari Pendidikan Bahasa Inggris. Hasilnyamenunjukkan presentasi dan features dari gamifikasi sudah layak namunadarevisi pada warna dan tampilan e-modul. Demikian pula untuk try out kepadasiswa kelas X hasil tryout menunjukan bahwa e-modul layak digunakan sebagai supplementary materials untuk membantu pembelajaran Reading dan WritingBahasa Inggris di kelas X. SMAN 8 Kota Malang. Kebaharuan penelitian adalah belum ditemukannya penelitian yangmembahas bagaimana mengembangkan e-modul Bahasa Inggris yangbisadigunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran khususnya dalamhal ini mengatasi kurang tersedianya bahan ajar bahasa Inggris yang berbasispendekatan Reading to Learn dan gamifikasi untuk mengatasi rendahnyaproficiency bahasa Inggris siswa dan kurang menariknya bahan ajar yang tersedia. Kontribusi penelitian ini adalah e-modul yang dapat digunakan dalampembelajaran bahasa Inggris di SMA dan diharapkan produk ini dapat memberikan sumbangan pada upaya penyediaan bahan ajar yang menarik memotivasi siswa serta mendukung pengembangan kompetensi literasi BahasaInggris siswa sehingga nantinya siswa dapat menjadi manusia yangberkompetensi bahasa Inggris yang baik dan dapat berpikir tingkat tinggi menghadapi tantangan abad 21 seperti yang diisyaratkan dalamperaturan Menteri Pendidikan melalui profil pelajar pancasila yang salah satu karakteristiknya ialahkreatif dan bernalar kritis melalui keterampilan Reading and Writing BahasaInggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305098 |
Actions (login required)
View Item |