Pengembangan mobile seamless learning platform untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK / Mia Ratna Juwita</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile seamless learning platform untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK / Mia Ratna Juwita</p>

Juwita, Mia Ratna (2023) Pengembangan mobile seamless learning platform untuk meningkatkan pengetahuan kader PKK / Mia Ratna Juwita</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat tidak bisa dihindari oleh dunia pendidikan. Dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat proses pembelajaran lebih efektif dan cepat. Dalam teknologi digital pembelajaran tidak terbatas pada ruang kelas dan sekolah melainkan pembelajaran dapat dilakukan dimanapun. Perkembangan teknologi smartphone dan perangkat genggam yang pesat mengarah pada peningkatan minat adopsi teknologi tersebut dalam proses pembelajaran. Jumlah Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang sangat besar dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia membuat anggaran negara belum mampu menjangkau seluruhnya untuk memperoleh peningkatan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) untuk itu maka dilakukan pengembangan mobile seamless learning platform untuk peningkatan pengetahuan Kader PKK. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan lingkungan belajar digital berupa mobile seamless learning platform untuk meningkatkan pengetahuan Kader PKK dengan menggunakan model Lee amp Owens. Platform yang dikembangkan dilengkapi dengan konten/materi berupa bahan bacaan bahan tayang powerpoint video dan tes evaluasi pembelajaran. Kader PKK yang telah mengakses semua materi pembelajaran dan lulus tes evaluasi dengan KKM 65 akan memperoleh sertifikat dan bisa mengunggah produk PKK. Hasil validasi platform yang dikembangkan mendapat rata-rata presentase sebesar 86 11% dengan hasil uji ahli materi 96% hasil uji ahli media pembelajaran 78% dan hasil uji lingkungan belajar sebesar 84 33%. Sehingga bisa disimpulkan mendapatkan kriteria sangat baik. Berdasarkan uji coba lapangan mendapat respon Kader PKK dengan rata-rata presentase 89 74% dan pengajar memberikan nilai 92 31% artinya platform memiliki kriteria yang sangat baik untuk kelayakan platform sebagai lingkungan belajar digital. Untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan Kader PKK dilakukan uji statistik dependent/paired sample t-test pada data nilai pretest dan postest dengan hasil Sig. (0 00) lt alpha (0 05) artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya nilai pretest lebih rendah dibandingkan dengan nilai posttest sehingga dapat diambil kesimpulan terdapat peningkatan pengetahuan Kader PKK setelah menggunakan mobile seamless learning platform. Mobile seamless learning platform mempunyai keunggulan bisa diakses kapanpun maupun dimanapun sehingga tidak dibatasi ruang dan waktu dengan perangkat mobile yang hampir semua Kader PKK memiliki serta bisa menghemat anggaran untuk penyelenggaraan pembelajaran/pelatihan. Untuk mengakses platform dan mengunduh materi pembelajaran ini harus tersedia jaringan internet yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305093

Actions (login required)

View Item View Item