Pengembangan multimedia interaktif dengan self directed learning materi data flow diagram untuk mahasiswa instituto superior cristal / Cecilia Da Costa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dengan self directed learning materi data flow diagram untuk mahasiswa instituto superior cristal / Cecilia Da Costa

Costa, Cecilia Da Costa (2023) Pengembangan multimedia interaktif dengan self directed learning materi data flow diagram untuk mahasiswa instituto superior cristal / Cecilia Da Costa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi pendidikan mampu memberikan inovasi belajar yang baik dan mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat mengatasi kegiatan pembelajaran yang tidak didominasi oleh pendidik. Proses pembelajaran dapat berhasil jika peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dengan baik sehingga peserta didik dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan nyata dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dapat menghasilkan dan menumbuhkan kemampuan pembelajaran secara mandiri. Self directed learning penting dalam bidan Pendidikan sebagai reformasi Pendidikan tinggi berlanjut dengan sumber daya Pendidikan yang berkembang memberikan peserta didik untuk mengubah cara belajar mereka dengan kemampuan yang dimiliki. Metode belajar yang digunakan oleh seorang pendidik masih kurang dinamis dalam penyampaian materi pada mata kuliah praktek meskipun mata kuliah tersebut dilakukan dalam laboratorium komputer namun mahasiswa kesulitan dalam mendesain DFD karena kurang menguasai alur pembuatan DFD serta notasi atau simbol yang digunakan. Pembelajaran mandiri pada mahasiswa dengan bantuan multimedia interaktif sangat diharapkan. Tujuan dari pengembangan ini menghasilkan produk berupa multimedia interaktif dengan self directed learning pada materi data flow diagram untuk mahasiswa Insituto Superior Cristal. Produk tersebut dikemas dalam format exe. dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam menggunakan produk tersebut. Isi materi pada produk tersebut adalah pengantar DFD komponen DFD leveling DFD ringkasan materi dan studi kasus DFD. Hasil validasi dari produk multimedia interaktif dari ahli media dengan nilai sebesar 89% dan ahli materi mempeoleh nilai sebesar 80% dengan jumlah rata-rata yang diperoleh 84.50% dengan kriteria valid. Langkah selanjutnya melakukan uji coba produk kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil uji coba kelompok kecil pada kepraktisan produk dengan nilai sebesar 92% dan kelompok besar memperoleh nilai sebesar 81% dengan jumlah rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba kelompok kecil pada kemenarikan produk multimedia interaktif memperoleh nilai sebesar 95% dan kelompok besar memperoleh nilai sebesar 89% dengan jumlah rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat menarik. Selain itu Adapun hasil SDL mahasiswa yang diperoleh dari aspek keyakinan dalam mengunakan produk multimedia interaktif dengan nilai sebesar 84% dengan kategori tinggi. Dari hasil yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif dengan self directed learning mampu mengatasi permasalahan dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa. Produk multimedia interaktif dapat digunakan dalam pembelajaran materi DFD sampai kapanpun tanpa menghiraukan jaringan internet karena produk tersebut bersifat offline sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun namun produk ini hanya dapat diakses dengan komputer atau laptop.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305092

Actions (login required)

View Item View Item