Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan pemilihan sekolah (Studi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu, Ngoro Jombang) / Yayuk Murtia Dhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan pemilihan sekolah (Studi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu, Ngoro Jombang) / Yayuk Murtia Dhani

Dhani, Yayuk Murtia (2010) Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan pemilihan sekolah (Studi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu, Ngoro Jombang) / Yayuk Murtia Dhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dhani yayuk Murtia. 2008. Pengaruh Faktor Internal dan EksternalTterhadap KeputusanPpemilihan Sekolah. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Djoko Dwi K M.si (2) Hj Ita PrihatiningWilujeng SE M.M. Kata kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Keputusan Pemilihan Sekolah Tingkat kualitas sumberdaya manusia sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan di bangsa itu. Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional (depdiknas) pemerintah telah berusaha untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan yang selama ini terjadi di Indonesia. Lembaga pendidikan harus mampu berinteraksi dengan pelanggan agar dapat memenangkan persaingan dan dapat membangun image mereka. Demikian pula denag Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu mereka harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Walaupun statusnya negeri Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu harus bias bersaing dengan sekolah-sekolah lain karena kesadaran masyarakat tentang pendidikan juga semakin meningkat. Kesadaran masyarakat yang meningkat inilah membuat konsumen memilih kulitas sekolah dari pada statusnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi faktor internal dan eksternal pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu (2) Bagaimanakah deskripsi faktor keputusan pemilihan sekolah pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu (3) Apakah terdapat pengaruh secara parsial faktor internal konsumen terhadap keputusan pemilihan sekolah (4) Apakah terdapat pengaruh secara parsial faktor eksternal konsumen terhadap keputusan pemilihan sekolah (5) Apakah terdapat pengaruh secara simultan faktor internal dan eksternal konsumen terhadap keputusan pemilihan sekolah . Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu dengan responden siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu sebagai populasinya. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian korelasional. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji f dalam menguji hipotesisnya. Data penelitian ini dijaring dengan menyebarkan kuisioner kepada 73 sampel siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu dan menggunakan acak bartingkat disproposional sampling yaitu teknik pengambilan sampel pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu secara bertingkat berdasarkan kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keputusan pemilihan sekolah secara signifikan dipengaruhi oleh faktor internal(X1)dan eksternal (X2) baik secara parsial maupun simultan.Berdasarkan hasil penelitian faktor internal berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pemilihan sekolah dapat di lihat dari thitung ttabel yaitu 2 841 2 645 dengan signifikansi 0 006 dan faktor eksternal berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pemilihan sekolah dengan thitung ttabel yaitu 9 660 2 645 dengan signifikansi 0 000. sedangkan pengaruh simultan antara faktor internal dan eksternal terhadap keputusan pemilihan sekolah dapat dilihat dari nilai F hitung Ftabel yaitu 367 176 3 07. Variabel faktor internal dan eksternal dalam mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih sekolah adalah sebesar 91 %. Sedangkan variabel yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan pemilihan sekolah adalah faktor eksternal yaitu sebesar 75 3 %. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu hendaknya Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu meningkatkan kualitasnya untuk menarik calon konsumen baru dan kepada peneliti lanjutan yang berminat meneliti keputusan konsumen dalam keputusan pemilihan sekolah dapat memperluas sub variabel internal dan eksternal yang mempengaruhi keputusan pemilihan sekolah dan dapat menambahkan sampel dengan teknik pengambilan sampel yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30509

Actions (login required)

View Item View Item