Pengaruh personalized ubiquitous learning dan self regulated learning (srl) terhadap keterampilan prosedural materi bangun ruang sisi datar / MARSELINUS TONGE - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh personalized ubiquitous learning dan self regulated learning (srl) terhadap keterampilan prosedural materi bangun ruang sisi datar / MARSELINUS TONGE

Tonge, Marselinus Tonge (2023) Pengaruh personalized ubiquitous learning dan self regulated learning (srl) terhadap keterampilan prosedural materi bangun ruang sisi datar / MARSELINUS TONGE. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tonge M. 2023. Pengaruh Personalized Ubiquitous Learning dan Self Regulated Learning terhadap Keterampilan Prosedural Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Saida Ulfa S.T. M.Edu. Ph.D Kata Kunci Personalized ubiquitous learning self regulated rearning kemampuan prosedural Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) telah mengubah banyak aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Pengintegrasian ICT dalam pendidikan telah menciptakan berbagai tren seperti e-learning (pembelajaran elektronik) m-learning (pembelajaran melalui perangkat mobile) dan u-learning (pembelajaran universal). Namun penerapan m-learning dan e-learning dapat menyebabkan pebelajar terisolasi dari kehidupan nyata. Hal ini mengakibatkan kesulitan bagi pebelajar untuk tetap fokus pada tujuan pembelajaran memberikan peluang bagi mereka untuk menghabiskan waktu belajar dengan hiburan dan bermain game yang pada akhirnya meningkatkan beban kognitif yang mereka hadapi. Lingkungan pembelajaran ubiquitous learning dengan dukungan komunikasi jaringan dan nirkabel memanfaatkan teknologi mobile dan dapat diakses untuk meningkatkan tingkat kemandirian dan aktivitas belajar pebelajar. Selain itu lingkungan pembelajaran u-learning juga meningkatkan pengalaman belajar yang sadar konteks di mana saja kapan saja sesuai dengan karateristik minat dan kebutuhan mereka. Untuk mencapai keberhasilan belajar pebelajar dalam belajar membutuhkan strategi pengelolaan diri yaitu Self-Regulated Learning (SRL) yang dapat membantu pebelajar mengatur dan mengarahkan diri serta menghubungkan pikiran perasaan dan tindakannya yang mengarah pada tujuan pembelajaran terutama dalam menghadapi tugas-tugas yang sulit. Strategi pembelajaran personalized u-learning mendukung interaksi antara sumber belajar otentik dan digital serta memberikan kesempatan belajar yang dipersonalisasi. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh personalized ubiquitous learning dan self-regulated Learning terhadap keterampilan prosedural bangun ruang sisi datar pebelajar kelas VIII SMPK Frater Maumere. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen (quasi-eksperimental design) pretest dan posttest. Rancangan penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini sebanyak 57 pebelajar dikelompokkan menjadi dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel-variabel penelitian ialah variabel bebas variabel terikat dan variabel moderator. Variabel bebas yaitu strategi pembelajaran u-learning dan e-learning. Variabel moderator adalah self regulated learning (SRL) terdiri dari SRL tinggi dan SRL rendah. Variabel terikatnya ialah keterampilan prosedural. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan prosedural adalah tes obyektif dan angket self regulated learning (OSLQ) diadaptasi dari Barnard yang digunakan untuk mengukur self regulated learning subyek penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis melalui teknik Two-Way ANOVA. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% ( alpha 0 05). Keterampilan prosedural yang diukur pada penelitian ini adalah kemampuan prosedural pada tingkat kognitif analisis (C4). Kemampuan prosedural merupakan kemampuan dalam memodifikasi prosedur dengan keterampilan dan kemampuan untuk melaksanakan pengetahuan yang dimiliki mengenai prosedur serta untuk mengembangkan perilaku yang fleksibel akurat dan efisien dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan prosedural matematika kelompok menggunakan strategi pembelajaran u-learning dengan strategi e-learning. 2) Ada perbedaan signifikan keterampilan prosedural pebelajar dengan SRL tinggi dan yang memiliki SRL rendah. 3) Terdapat interaksi antara strategi (u-learning dan e-learning) dengan SRL tinggi dan SRL rendah terhadap keterampilan prosedural pebelajar. Berdasarkan hasil penelitian tentang adanya interaksi antara strategi pembelajaran (u-learning dan e-learning) dengan Self Regulated Learning (SRL tinggi dan SRL rendah) terhadap keterampilan prosedural pebelajar maka diharapkan kepada seluruh pengelola pendidikan dapat membuat kebijakan-kebijakan guna meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam pengembangan strategi pembelajaran personalized u-learning yang berpusat pada pebelajar (student centered learning). Khususnya untuk guru matematika disarankan menggunakan strategi pembelajaran u-learning ini sebagai salah satu pilihan dalam mengajar mata pelajaran matematika terutama materi yang berkaitan dengan geometri. Selain itu sebelum menerapkan strategi pembelajaran u-learning guru diharapkan mengidentifikasi karateristik SRL pebelajar sehingga strategi ini bisa diterapkan secara baik. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat mengukur kemampuan pebelajar pada tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat kognitif sintesis (C5) dan evaluasi/mencipta (C6) dengan tetap memperhatikan SRL pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305089

Actions (login required)

View Item View Item