Pengaruh flipped classroom dan literasi digital terhadap penguasaan konsep dan kreativitas pada mata pelajaran sosiologi sma / Ruth Heradityas Nugrahani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh flipped classroom dan literasi digital terhadap penguasaan konsep dan kreativitas pada mata pelajaran sosiologi sma / Ruth Heradityas Nugrahani

Nugrahani, Ruth Heradityas Nugrahani (2023) Pengaruh flipped classroom dan literasi digital terhadap penguasaan konsep dan kreativitas pada mata pelajaran sosiologi sma / Ruth Heradityas Nugrahani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan pendidikan di abad ke-21 menuntut pergeseran menuju pendekatan pendidikan yang lebih berpusat pada peserta didik dan tidak terlepas dari teknologi. Peserta didik perlu didorong untuk berlatih dan memecahkan masalah sendiri dengan teknologi sebagai fasilitas manajemen instruksional. Faktor lain diduga turut mempengaruhi hasil pembelajaran adalah literasi digital. Pemanfaatan teknologi untuk mendukung strategi pembelajaran perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital bagi pendidik dan peserta didiknya. Keberhasilan tujuan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dan dengan memperhatikan tingkat literasi digital peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki (1) perbedaan penguasaan konsep pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom dan discovery learning (2) perbedaan penguasaan konsep pada peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital yang berbeda (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan literasi digital yang berbeda terhadap penguasaan konsep peserta didik (4) perbedaan kreativitas pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom dan discovery learning (5) perbedaan kreativitas pada peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital yang berbeda dan (6) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan literasi digital yang berbeda terhadap kreativitas peserta didik. Kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan dalam pengujian penelitian ini. 112 peserta didik di salah satu sekolah menengah negeri di Kota Surakarta Jawa Tengah berpartisipasi dalam penelitian ini. Peserta didik mengikuti tes untuk mengukur penguasaan konsep Sosiologi mengisi angket yang mengukur literasi digital dan mengevaluasi kreativitas melalui lembar penilaian diri. Two Way Analysis of Variance (ANOVA) dengan bantuan program SPSS versi 22 digunakan untuk mengevaluasi hipotesis penelitian setelah persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep antara kelompok peserta didik yang menerapkan strategi flipped classroom dan discovery learning pada mata pelajaran Sosiologi (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep antara kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital rendah dengan kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital tinggi terhadap pada mata pelajaran Sosiologi (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan literasi digital terhadap penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi (4) terdapat perbedaan kreativitas antara kelompok peserta didik yang menerapkan strategi flipped classroom dan discovery learning pada mata pelajaran Sosiologi (5) terdapat perbedaan kreativitas antara kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital rendah dengan kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan literasi digital tinggi terhadap pada mata pelajaran Sosiologi dan (6) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan literasi digital terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305083

Actions (login required)

View Item View Item