Topo, Lambertus Topo (2023) Penguatan motivasi belajar melalui retret bagi siswa kelas xi sma katolik frateran malang / Lambertus Topo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Topo Lambertus. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Retret (Kerendahan Hati dan Kejujuran) untuk Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Katolik Frateran Malang. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd (II) Dr. Nur Eva S.Psi M.Psi. Psikolog. Kata Kunci Motivasi belajar siswa retret harapan siswa internalisasi nilai-nilai retret Motivasi belajar siswa cenderung merosot karena kurang diperhatikannya nilai-nilai kehidupan sebagai dasar pembangunan manusia dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengungkap tiga hal penting pada siswa kelas XI SMAK Frateran Malang berkaitan dengan 1) motivasi belajar siswa 2) harapan siswa pada kegiatan retret untuk meningkatkan motivasi belajar mereka dan 3) bagaimana proses internalisasi nilai-nilai retret yakni kejujuran dan kerendahan hati terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa adalah daya yang dimiliki oleh siswa untuk menjalankan tugas belajar dengan baik. Dalam kenyataannya hal ini belum sepenuhnya disadari oleh siswa sebagai generasi yang belum sepenuhnya dewasa. Sekolah sebagai tempat pendidikan dan guru sebagai pendidik perlu terus menerus memikirkan berbagai cara agar motivasi siswa itu terus dijaga dan dikembangkan untuk proses pembelajaran dan pendewasaan demi hidup para siswa itu sendiri. Salah satu cara yang dilakukan di SMAK Frateran Malang adalah dengan melakukan aktivitas Retret sebagai bentuk pembinaan khas dalam Agama Katolik. Melalui proses penyadaran dalam kegiatan retret itu diharapkan bahwa motivasi para siswa itu menjadi tumbuh dan berkembang demi mendukung mereka dalam proses pembelajaran di sekolah. Ternyata disadari bahwa kegiatan retret itu hanyalah kegiatan awal untuk membangun kesadaran dalam diri siswa. Sekolah terus memiliki tugas untuk membantu siswa agar melewati proses internalisasi nilai-nilai retret itu dengan baik yang dalam penelitian ini terfokus pada dua nilai yakni nilai kejujuran dan nilai kerendahan hati. Harapannya proses internalisasi yang baik akan membantu proses pendewasaan para siswa melalui meningkatnya motivasi belajar mereka. Desain penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Subyek penelitian adalah para siswa kelas XI SMAK Frateran Malang tahun 2021/2022. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis domain teknik analisis taksonomi dan teknik analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh tiga faktor penting yakni latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua cara dan gaya pendampingan orangtua di rumah serta pola pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh para guru di dalam kelas. Harapan siswa terhadap retret untuk meningkatkan motivasi belajar ternyata kembali kepada para siswa itu sendiri karena pola pendampingan retret yang sangat memfungsikan pendamping retret sebagai fasilitator. Siswa sendirilah yang menentukan apa yang terbaik untuk dirinya sendiri. Pendekatan dalam retret berbeda dengan pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas. Pendamping retret adalah sosok fasilitator guru di kelas adalah sosok otoritas yang mengawasi capaian pembelajaran bersama. Kehadiran para pendamping retret memberi perspektif baru bahwa di dalam proses belajar di sekolah selain ada sosok guru sebagai otoritas untuk menjaga kualitas pembelajaran bersama tetapi ada juga tanggungjawab setiap siswa untuk membangun dan menjaga motivasi belajarnyanya sendiri demi kebaikan dirinya sendiri pula. Para siswa perlu belajar bahwa sejatinya hidupnya adalah tanggungjawabnya sendiri. Orangtua di rumah guru di sekolah dan teman sepermainan di masyarakat hanyalah para pihak yang menjalankan fungsi pendukung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh tingkat ekonomi orangtua yang kelas menengah ke bawah yang juga sangat ditentukan oleh tingkat pendidikan orangtua yang rata-rata tamatan SMA. Bahwa motivasi belajar siswa terpengaruh oleh kegiatan retret yang diadakan oleh sekolah. Bahwa nilai-nilai yang didapatkan selama retret masih perlu tetap dirawat setelah berakhirnya sebuah proses retret. Penelitian ini memberi saran bahwa Guru BK perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi capaian akademik siswa termasuk memastikan bahwa setiap siswa telah memiliki motivasi belajar yang baik. Perlu ada upaya-upaya efektif untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa termasuk retret. Penelitian nilai-nilai moral dan etika Kristiani perlu diperkaya dengan perspektif lain. Penelitian ini hanya memberi sumbangan pada pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling maka perlu dikembangkan untuk tema-tema lain seperti untuk hidup spiritual atau rohani dan pengembangan kualitas hidup keluarga-keluarga demi kepentingan para siswa sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |