Pengembangan panduan pelatihan kesadaran respek melalui teknik permainan menggunakan media kartu bergambar bagi siswa SMP / Sri Rahmadhani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kesadaran respek melalui teknik permainan menggunakan media kartu bergambar bagi siswa SMP / Sri Rahmadhani</p>

Rahmadhani, Sri Rahmadhani (2022) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran respek melalui teknik permainan menggunakan media kartu bergambar bagi siswa SMP / Sri Rahmadhani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan panduan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus kekerasan yang terjadi di sekolah yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa untuk saling menghormati dan menghargai diri sendiri orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Meningkatkan kesadaran respek pada siswa dapat memberikan kontribusi dalam pengecahan kekerasan di sekolah. Salah satu cara yaitu dengan mengembangkan sebuah produk panduan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kesadaran respek siswa SMP melalui teknik permainan menggunakan media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk panduan pelatihan kesadaran respek melalui teknik permainan menggunakan media kartu bergambar yang telah memenuhi kriteria akseptabilitas dari aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan. sehingga mempermudah konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi dan sosial yang bersifat preventif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983). Yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan peneliti dilapangan. Adapun Tahapan pengembangan yang dilakukan sebagai berikut. (1) studi pendahulu (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validitas produk (5) revisi produk dan (6) produk akhir. Studi pendahulu menggunakan studi literatur dan studi lapangan. Validasi produk dalam penelitian dan pengembangan ini melibatkan 2 ahli bimbingan dan konseling 2 ahli media pembelajaran dan 2 calon pengguna produk. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini merupakan analisis Validity Index (Aiken 1980). Hasil uji menunjukkan bahwa produk panduan telah memenuhi akseptabilitas keberterimaan produk secara teoritis dan praktis dari aspek ketepatan kejelasan dan kegunaan dan layak digunakan. Saran untuk guru BK sebagai pengguna produk apabila pada saat penggunaan panduan mengalami kendala dalam menggunakan panduan dilapangan seperti estimasi alokasi waktu yang digunakan maka dapat menyesuaikan dengan kondisi dilapangan. dan bagi peneliti selanjutnya dikarenakan produk panduan ini hanya sampai tahap penilaian akseptabilitas saja belum diuji keefektifannya pada kelompok kecil maka dapat melakukan penelitian lanjutan ke tahap uji kelompok kecil dan akan lebih baik hingga tahap desiminasi produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305067

Actions (login required)

View Item View Item