Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk menurunkan perilaku phubbing siswa SMA Negeri 7 Malang / Awalya Siska Pratiwi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk menurunkan perilaku phubbing siswa SMA Negeri 7 Malang / Awalya Siska Pratiwi</p>

Pratiwi, Awalya Siska (2022) Keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk menurunkan perilaku phubbing siswa SMA Negeri 7 Malang / Awalya Siska Pratiwi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ponsel kini telah menjadi kebutuhan primer remaja bahkan dengan ponsel yang dimiliki mempermudah komunikasi tanpa harus bertemu secara langsung. Phubbing merupakan gambaran contoh nyata efek negatif dari perkembangan zaman sebab perilaku candu melihat ponsel membuat remaja siap menyakiti orang sekitarnya dengan tidak memperhatikan komunikasi dan lebih fokus pada ponsel di tangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk menurunkan perilaku phubbing siswa SMA. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Siswa yang akan menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang sebanyak 10 siswa yang memiliki tingkat perilaku skor phubbing tinggi. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pemenuhan kriteria-kriteria tertentu (purposive sampling). Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu bahan perlakuan dan pengumpulan data. Bahan perlakuan terlebih dahulu diuji untuk mengetahui kelayakan panduan tersebut dan instrumen yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Diperoleh hasil uji validitas sebanyak 21 item yang valid sedangkan untuk hasil uji reliabilitas Cronbach s Alpha sebesar 0.710. Terdapat 10 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian 5 pada kelompok eksperimen dan 5 pada kelompok kontrol. Untuk kelompok eksperimen yang awalnya skor pretest masuk pada kategori tinggi dengan rentang skor 80 hingga 68 setelah diberikan intervensi konseling kelompok ringkas berfokus solusi mendapati kategori skor rendah. Sedangkan untuk kelompok kontrol yang awalnya skor pretest masuk pada kategori tinggi dengan rentang skor 82 hingga 66 setelah diberikan intervensi konseling kelompok realita mendapati kategori skor sedang dan rendah. Hasil analisis menggunakan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai Asym.sig sebesar 0.036 (0.036 lt 0.05) diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat perilaku phubbing siswa antara intervensi yang diberikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang artinya konseling kelompok ringkas berfokus solusi lebih efektif untuk menurunkan perilaku phubbing siswa SMA. Saran penelitian diantaranya (1) konselor dapat menerapkan dan bisa menjadi salah satu alternatif pendekatan untuk menurunkan perilaku phubbing siswa dan (2) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan subjek yang lebih banyak karena penelitian ini hanya dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pada subjek yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305062

Actions (login required)

View Item View Item