Kontribusi dukungan sosial, etos kerja, dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar / Febby Litta Viani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi dukungan sosial, etos kerja, dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar / Febby Litta Viani</p>

Viani, Febby Litta (2022) Kontribusi dukungan sosial, etos kerja, dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar / Febby Litta Viani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan didesain untuk menciptakan tenaga teknis menengah yang terampil dan siap memasuki lapangan kerja. Tujuan ini belum sepenuhnya tercapai melihat masih banyaknya angka pengangguran yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini menunjukkan kurang siapnya lulusan SMK untuk bekerja. Banyak faktor yang kemungkinan mempengaruhi ketidak siapan siswa tersebut diantaranya dukungan sosial yang kurang terpenuhi etos kerja yang belum dimiliki dan pengalaman praktik kerja industri yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dukungan sosial etos kerja dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII dengan jumlah sampel sebesar 132 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik proportionate stratified ramdom sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala dukungan sosial skala etos kerja skala kesiapan kerja dan nilai praktik kerja industri. Uji validitas instrumen dilakukan dengan analisis faktor dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif analisis korelasi uji asumsi uji regresi parsial dan uji regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dukungan sosial etos kerja pengalaman praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa sebagian besar berada dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan dukungan sosial secara parsial memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Etos kerja secara parsial juga memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Sedangkan pengalaman praktik kerja industri secara parsial tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Secara simultan dukungan sosial etos kerja dan pengalaman praktik kerja industri bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar. Dari hasil penelitian ini saran yang diberikan peneliti kepada konselor yaitu konselor dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam penyusunan layanan bimbingan dan konseling di SMK terutama untuk bimbingan karir. Selain itu konselor perlu melakukan kolaborasi dengan orang tua siswa maupun guru lain untuk membantu siswa memiliki kesiapan kerja yang cukup. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti variabel bebas yang lain untuk melihat pengaruhnya terhadapa kesiapan kerja dan menambah jumlah sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305060

Actions (login required)

View Item View Item