Keefektifan konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily activity untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa MTSN 1 Mojokerto pasca pembelajaran daring / Muhammad Yusran Diniy - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily activity untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa MTSN 1 Mojokerto pasca pembelajaran daring / Muhammad Yusran Diniy

Diniy, Muhammad Yusran (2022) Keefektifan konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily activity untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa MTSN 1 Mojokerto pasca pembelajaran daring / Muhammad Yusran Diniy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesiapan belajar adalah perilaku yang menunjukan bahwa seseorang itu siap dalam belajar perilaku-perilaku kesiapan belajar bisa ditunjukan saat sebelum pembelajaran selama proses pembelajaran serta setelah pembelajaran. Adapun aspek kesiapan belajar yang akan diteliti yaitu perhatian (attention) motivasi belajar dan perkembangan kesiapan. Untuk mengukur tingkat kesiapan belajar peneliti menggunakan skala kesiapan belajar yang dikembangan sendiri oleh peneliti. Kemudian tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily activity untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa MTsN 1 Mojokerto pasca pembelajaran daring. Peneliti ini menggunakan desain pre-eksperiment one group pretest-posttest. Subjek yaitu siswa kelas VII MTsN 1 Mojokerto tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan purposive sampling yaitu yang memiliki tingkat kesiapan belajar yang relatif rendah berdasarkan skala kesiapan belajar saat pre-test. Enam siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen kemudian diberi intervensi berupa konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily activity . Pada akhir pertemuan kelompok tersebut akan diberi post-test untuk mengetahui keefektifan intervensi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya ada perubahan skor kesiapan belajar pada siswa kelas VII MTsN 1 Mojokerto setelah diberikan intervensi. Hal tersebut dapat diketahui setelah melakukan uji Wilcoxon Test pada skor pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hasil uji Wilcoxon Test pada kelompok eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0 028 ( lt 0 05) maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya hipotesis diterima. Dalam penelitian ini ada beberapa saran Pertama untuk guru BK atau konselor diharapkan untuk mempelajari dengan seksama pedoman pelaksanaan konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily-activity agar intervensi bisa berjalan sesuai tahapan. Kedua untuk peneliti selanjutnya diharapkan intervensi konseling kelompok behavioristik teknik self-management berbantuan media daily-activity bisa di uji cobakan dengan skala yang lebih luas sehingga keefektifannya bisa lebih terjamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 18 Mar 2024 07:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305059

Actions (login required)

View Item View Item