Adesti, Mellyn Yulia Ine (2022) Keefektifan konseling kelompok cognitive behavior teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self confidence siswa SMP / Mellyn Yulia Ine Adesti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adesti Mellyn Yulia Ine. 2022. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siliragung. Tesis. Program Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arbin Janu S M.Pd. (II) Dr. H. M. Ramli M.A. Kata Kunci konseling kelompok cognitive behavior cognitive restructuring self confidence Self confidence merupakan salah satu masalah yang dapat menghambat potensi diri. Permasalah self confidence merupakan salah satu elemen penting yang menunjang keberhasilan seseorang. Peneliti mendapatkan data bahwa banyaknya kasus self confidence dalam lingkungan sekolah dan diluar lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Siliragung terutama pada siswa kelas VIII. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan dengan tujuan untuk membantu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siliragung dalam mengentaskan permasalahannya. Upaya meningkatan self confidence dalam penelitian ini menggunakan konseling kelompok cognitive behavior teknik cognitive restructuring. Teknik cognitive restructuring dipilih karena pendekatan ini dapat menekan persepsi negatif yang dimiliki dan mengubah menjadi persepsi dan pikiran yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok cognitive behavior teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self confidence siswa SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian praeksperimental. Design penelitian ini digunakan jenis Pretest-Posttest One Group Design Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala self confidence. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga tahapan yaitu (1) penentuan subjek penelitian-pretest (2) pemberian intervensi dan (3) posttest. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siliragung dari 76 siswa diambil 7 subjek yang memiliki skor self confidence rendah. Uji validitas instrumen menggunakan hitungan kolerasi product moment. Taraf signifikansi yang digunakan pada skala self confidence adalah 0 3 kondisi tersebut berarti item dinyatakan valid apabila angka korelasi antara item dan skor total yang diperoleh ge 0 6 dan uji reabelitas dengan menggunakan alpha cronbach yang di analisi program SPSS versi 25.00. Uji reliabilitas dinilai koefisien signifikan apabila nilai alpha diatas 0.6. Dari perhitungan dengan SPSS diperoleh nilai alpha 0 963 artinya reliabilitas item sangat tinggi. Dalam penelitian ini diperoleh skor sebelum diberikan perlakuan dengan kategori skor rendah dan meningkat dengan kategori skor tinggi setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data diperkuat dengan hasil uji wicolxon didapatkan nilai z (-2.366) dengan Asymp.Sig 2 tailed 0 018 dimana kurang dari batas kritis 0 05 sehingga keputusan H0 ditolak Ha diterima. Jadi kedua kelompok pretest dan posttest memiliki median yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan skala self confidence meningkat. Hal ini dapat dilihat dari skor pretest skala self confidence dengan rata-rata 55 571 dan skor posttest skala self confidence dengan rata-rata 101 714. Dimana terdapat skor posttes setelah dilakaukan treatment terdapat peningkatan dengan selisih skor rata-rata 46 143 dan dapat dikatakan bahwa self confidence siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa konseling kelompok cognitive behavior teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan self confidence siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siliragung. Konselor dapat memanfaatkan konseling kelompok cognitive behavior teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan self confidence siswa SMP sebagai usaha preventif maupun kuratif pada siswa. Penelitian ini hendaknya ditindak lanjuti untuk populasi yang lebih luas sehingga mampu melihat perubahan pada konseli secara menyeluruh dan dapat diketahui secara benar apakah perubahan yang terjadi berlangsung secara konsisten.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 08:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305055 |
Actions (login required)
View Item |