Pengembangan aplikasi damar dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP / Achmad Miftachul 'Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi damar dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP / Achmad Miftachul 'Ilmi

'ilmi, Achmad Miftachul (2022) Pengembangan aplikasi damar dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP / Achmad Miftachul 'Ilmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tatap muka seca luring sudah dimulai kembali namun dampak dari adanya Pandemi Covid-19 masih bisa dirasakan oleh para pendidik. Dampak yang paling terlihat pada siswa yaitu learning loss dan penurunan karakter-karakter Pancasilais. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah mencetus Kurikulum Merdeka yang salah satu fokusnya adalah penguatan profil pelajar Pancasila. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 23 Malang menunjukkan siswa membutuhkan layanan untuk penguatan pada dimensi mandiri dalam profil pelajar Pancasila. Adapun elemen mandiri yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas kesadaran diri regulasi diri dan kewirausahaan. Didasarkan pada kajian bimbingan dan konseling dimensi mandiri pelajar Pancasila sesuai dengan SKKPD SMP pada aspek perkembangan kematangan emosi kematangan intelektual dan perilaku kewirausahaan. Berbagai penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penguatan kemandirian pelajar Pancasila dapat dilakukan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan simulasi bermedia permainan tradisional dakon berbasis game android. Atas dasar tersebut dikembangkan Aplikasi DAMAR (Dakon Mandiri Pintar) untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan aplikasi DAMAR (Dakon Mandiri Pintar) sebagai media dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian Pelajar Pancasila di SMP (2) Mengetahui keberterimaan aplikasi DAMAR (Dakon Mandiri Pintar) secara teoritis sebagai media dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian Pelajar Pancasila di SMP (3) Mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi DAMAR (Dakon Mandiri Pintar) secara empiris sebagai media dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian Pelajar Pancasila di SMP. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R amp D) dengan desain ADDIE yang terdiri atas tahap analysis design development implementation dan evaluation. Subjek penelitian terdiri atas (1) dua ahli materi yang terdiri atas satu ahli materi bimbingan kelompok dan satu ahli materi pelajar Pancasila (2) dua ahli permainan tradisional dakon (3) dua ahli media berbasis game android (4) dua calon pengguna konselor dan (5) 20 calon pengguna siswa. Selain itu dilakukan uji coba penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan aplikasi DAMAR pada 9 siswa kelas VII SMPN 23 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian uji materi penilaian uji media penilaian uji calon pengguna dan skala kemandirian profil pelajar Pancasila di SMP. Data uji validasi ahli dan calon pengguna konselor dianalisis dengan inter-rater agreement sedangkan uji calon pengguna siswa menggunakan nilai rerata. Hasil uji coba produk untuk mengetahui keefektifan DAMAR dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test pada data pre-test dan post-test. Hasil temuan penelitian ini berupa aplikasi dan buku panduan DAMAR untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP. Terdapat 4 fitur utama aplikasi DAMAR yaitu (1) langkah bermain (2) materi permainan (3) mulai bermain dan (4) cek kemandirian. Sedangkan buku panduan DAMAR untuk konselor terdiri atas (1) bab 1 pendahuluan (2) bab II konsep kemandirian profil pelajar Pancasila dan permainan tradisional dakon (3) bab III mengenal aplikasi DAMAR dan (4) bab IV penggunaan aplikasi DAMAR dalam bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP. Validasi aplikasi dan buku panduan DAMAR dilakukan oleh dua ahli materi dua ahli permainan tradisional dua ahli media game dan dua calon pengguna konselor menunjukkan indeks kesepakatan 1 00 sedangkan rata-rata penilaian dari 20 calon pengguna siswa sebesar 3 5. Dapat ditarik kesimpulan bahwa secara teoritis aplikasi dan panduan DAMAR sangat tepat sangat berguna sangat menarik serta sangat mudah digunakan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP. Validasi empiris dilakukan dengan uji coba pada sembilan siswa SMPN 23 Malang kelas VII menunjukkan hasil nilai asymp sig.(2-tailed) 0.008 dimana lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi DAMAR dalam pelaksanaan bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila di SMP. Adanya aplikasi dan panduan DAMAR harapannya dapat dijadikan sebagai alternatif pemberian layanan bimbingan kelompok untuk penguatan kemandirian profil pelajar Pancasila di SMP. Selain itu bagi sekolah yang menerapkan projek pelajar Pancasila berupa kegiatan kewirausahaan dapat memanfaatkan aplikasi DAMAR sebagai dasar awal untuk pemahaman siswa sebelum projek dimulai. Fitur cek kemandirian dalam aplikasi DAMAR juga dapat digunakan oleh konselor untuk mengukur tingkat kemandirian siswa sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling untuk penguatan kemandirian pelajar Pancasila. Pelaksanaan implementasi aplikasi DAMAR lebih lanjut dapat dilakukan dengan sasaran yang lebih luas menggunakan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent group pretest posttest design.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 24 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305053

Actions (login required)

View Item View Item