Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh&acirc;ng macapat Madhur&acirc; untuk meningkatkan karakter positif siswa / Ayu Raudatul Jannah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh&acirc;ng macapat Madhur&acirc; untuk meningkatkan karakter positif siswa / Ayu Raudatul Jannah</p>

Jannah, Ayu Raudatul (2022) Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh&acirc;ng macapat Madhur&acirc; untuk meningkatkan karakter positif siswa / Ayu Raudatul Jannah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc untuk meningkatkan karakter positif siswa ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yaitu merosotnya karakter siswa. Selain itu penggunaan metode ekspositori yang digunakan oleh Bimbingan dan Konseling atau konselor dalam menyampaikan layanan BK cenderung membuat siswa bosan serta berkurangnya minat untuk mengikuti layanan BK. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) diperoleh deskripsi format panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc yang memiliki keberterimaan secara teoritis dan praktis (2) diperoleh deskripsi konten panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc yang memiliki keberterimaan secara teoritis dan praktis dan (3) dihasilkan sebuah produk berupa panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc untuk meningkatkan karakter positif siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitaian dan pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi dengan menyederhanakan langkah-langkah penelitian sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Modifikasi dari langkah-langkah tersebut adalah (1) langkah I pengumpulan informasi melalui observasi wawancara serta kajian literatur (2) langkah II perencanaan yakni menentukan tujuan dari pengembangan produk (3) langkah III pengembangan produk awal yakni merancang format buku panduan (4) langkah IV review ahli yakni review oleh ahli media pembelajaran ahli Bimbingan dan Konseling dan calon pengguna (5) langkah V revisi produk yakni penyempurnaan produk berdasarkan saran yang diperoleh dari review ahli dan (6) langkah VI produk akhir yaitu berupa panduan. Instrumen review ahli dan calon pengguna digunakan untuk menilai tingkat keberterimaan dari produk dengan kriteria keberterimaan produk yaitu kegunaan ketepatan kelayakan dan kemenarikan. Dalam penelitian diperoleh dua jenis data yaitu data angka dan data verbal. Data angka kemudian dianalisis dengan menghitung proporsi kesepakatan dari review ahli dan calon pengguna menggunakan model interrater agreement yakni (1) review ahli media yang dilaksanakan oleh dua orang Dosen TEP (2) review ahli Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan oleh dua orang dengan kualifikasi yaitu merupakan dosen Bimbingan dan Konseling dan sudah menempuh jenjang pendidikan minimal S-2 Bimbingan dan Konseling dan (3) calon pengguna yang dilakukan oleh dua orang dengan kualifikasi yaitu merupakan guru Bimbingan dan Konseling disekolah mempunyai latar belakang pendidikan minimal S-1 Bimbingan dan Konseling serta telah mempunyai pengalaman bekerja sebagai guru Bimbingan dan Konseling di sekolah minimal selama lima tahun. Sedangkan data verbal yang diperoleh dijadikan bahan evaluasi terhadap produk. Hasil analisis data angka yaitu (1) hasil review format panduan oleh ahli media pembelajaran dan calon pengguna memiliki nilai 1 atau lebih dari 0 8 dan dikatakan memiliki keberterimaan tinggi (2) hasil review konten panduan oleh ahli Bimbingan dan Konseling dan calon pengguna memiliki nilai 1 atau lebih dari 0 8 dan dikatakan memiliki keberterimaan tinggi dan (3) diperoleh buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc untuk meningkatkan karakter positif siswa memiliki keberterimaan secara teoritis dan praktis. Hasil data verbal yang diperoleh digunakan untuk bahan perbaikan dan penyempurnaan buku panduan. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh sebuah produk berupa panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc untuk meningkatkan karakter positif siswa yang memenuhi keberterimaan secara teoritis dan praktis dari segi format dan konten. Guru Bimbingan dan Konseling selaku pengguna produk disarankan untuk mempelajari dengan seksama setiap materi dalam panduan ini. Guru Bimbingan dan Konseling hendaknya menggunakannya dengan tindakan bimbingan disesuaikan dengan kebutuhannya. Pengembangan panduan ini hanya sampai pada tahap uji calon pengguna dan belum dapat diketahui terkait keefektifannya. Sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait keefektifan produk panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama bermuatan nilai-nilai moral tembh acirc ng macapat Madhur acirc untuk meningkatkan karakter positif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305051

Actions (login required)

View Item View Item