Pengembangan panduan strategi core condition bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA / Maulida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan strategi core condition bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA / Maulida</p>

Maulida (2023) Pengembangan panduan strategi core condition bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA / Maulida</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan panduan ini berdasarkan pada fenomena yang terjadi di Banjaramasin kurangnya rasa tanggung jawab kerja keras peduli serta kurang diterapkannya nilai wasaka dikehidupan sehari-hari. Setiap individu memiliki meaning of life yang dipercaya begitu juga dengan siswa SMA. Nilai dan budaya yang ada di Banjarmasin menjadi salah satu alternatif untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA saat ini nilai objektif yang bersumber pada kebenaran intersubjektifitas masyarakat Banjar sehingga penambahan muatan nilai budaya wasaka ini dapat membantu mengarahkan siswa dalam memenuhi meaning of life-nya. Terdapat beberapa faktor yang dinilai mampu mempengaruhi keberhasilan konseling antara lain kompetensi yang dimiliki oleh guru BK di sekolah penguasaan strategi core condition dalam konseling peson centered yang dikembangkan oleh (Rogers 1951) dimana seorang konselor berperan mempertahankan 3 kondisi inti (Core Condition) yang menghadirkan iklim kondusif untuk mendorong terjadinya perubahan konseli dan perkembangan konseli. Penambahan muatan nilai budaya wasaka difokuskan pada tiga sumber nilai yaitu creative values expreriential values attitudinal values. Tujuan penelitian ini hasil nyata berupa panduan strategi core condition bermuatan nilai wasaka untuk mengarahakan pemenuhan meaning of life siswa SMA. Penelitian dan pengembangan panduan ini menggunakan metode pengembangan yang mengadaptasi sepuluh Langkah model (Borg amp Gall 1983). Kesepuluh Langkah itu adalah studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk pengembangan produk awal uji coba tahap awal perbaikan produk awal uji coba pengguna utama perbaikan produk lanjutan uji coba operasional produk penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian strategi core condtion bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA memenuhi kriteria ketepatan kebermanfaatan kemenarikan dan kemudahan. Selain itu strategi core condtion bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA dalam uji efektivitas dianalisis menggunakan Wilcoxon. Uji keefektifan produk pengembangan menunjukkan adanya signifikasi terhadap pemenuhan meaning of life budaya wasaka menunjukkan Z hitung sebesar -2.207b dan Asymp. Sig. (2-tailed) 0.005 le taraf 0.027 dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor pemenuhan meaning of life yang signifikan setelah posttest dibandingkan dengan sebelum diberikan pelakuan saat pretest. Oleh karena itu strategi core condtion bermuatan nilai wasaka untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA telah layak digunakan sebagai strategi pelaksanaan konseling bagi guru BK. Untuk memastikan pemenuhan meaning of life siswa SMA perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Sehingga penelitian lebih lanjut seperti konseling individu atau konseling kelompok. Layanan ini akan membantu dalam mencapai hasil yang diinginkan karena kebutuhan siswa berbeda. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji keefektifan strategi core condition bermuatan nilai wasaka pada subyek skala yang lebih besar dan ditempatkan di sekolah yang berbeda dari kota Banjarmasin serta buku panduan strategi core condition untuk konselor yang akan menjadi pendukung pelaksanaan layanan konseling untuk mengarahkan pemenuhan meaning of life siswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305048

Actions (login required)

View Item View Item