Pengembangan cognitive behavior cybercounseling (CBC) untuk menurunkan kecemasan siswa SMP dalam pembelajaran matematika / P.a. Suci Puspita Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan cognitive behavior cybercounseling (CBC) untuk menurunkan kecemasan siswa SMP dalam pembelajaran matematika / P.a. Suci Puspita Sari</p>

Sari, P.a. Suci Puspita (2022) Pengembangan cognitive behavior cybercounseling (CBC) untuk menurunkan kecemasan siswa SMP dalam pembelajaran matematika / P.a. Suci Puspita Sari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Landasan penelitian ini berdasarkan pada tingginya kecemasan dalam pembelajaran matematika siswa SMP. Kondisi tersebut didasarkan dari studi pendahuluan yang menyatakan bahwa kecemasan pembelajaran berdasarkan aspek (1) kognitif (2) afektif/somatic (3) behavior/perilaku. Hal ini memicu distorsi kognitif dan kesalahan kognitif. Aspek kognitif CBT mengubah cara berpikir kepercayaan sikap serta asumsi imajinasi dan memfasilitasi individu untuk mengenali dan merubah kesalahan dalam aspek kognitif aspek behavioral dalam CBT mengubah hubungan yang salah antara situasi permasalahan dengan kebiasaan merespon permasalahan mengubah tingkah laku menenangkan pikirn dan tubuh sehingga merasa lebih baik serta berpikir berperilaku jelas. Diharapkan penelitian ini menghasilkan produk berupa website dan Buku panduan Cognitive Behavior Cybercounseling (CBC) untuk menurunkan kecemasan dalam pembelajaran matematika siswa SMP Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi pendekatan Borg amp Gall. Dalam penelitian ini menggunakan 9 tahap penelitian dan pengembangan. Instrument yang digunkan dalam penelitian ini meliputi skala ketercapaian produk dan skala kecemasan dalam pembelajaran matematika. Skala ketercapaian produk digunakan untuk mengumpulkan data uji ahli dan calon pengguna sedangkan skala kecemasan dalam pembelajaran matematika digunakan untuk mengukur efektivitas produk pengembangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan inter rater agreement model dan uji Wilcoxon. Penilaian ahli bimbingan dan konseling pada buku panduan serta website cognitive behavior cybercounseling meliputi aspek kegunaan ketepatan kemudahan kelayakan keberterimaan. Skala keberterimaan produk indeks uji pakar sebesar 0 93 menunjukkan memegang nilai sangat tinggi posisi validitas selaku hasil dari hasil ini. Penilaian ahli media pembelajaran pada buku panduan serta website cognitive behavior cybercounseling meliputi aspek kegunaan ketepatan kemudahan kelayakan keberterimaan mempunyai indeks uji ahli sebesar 1 menunjukkan posisi validitas yang sangat tinggi. Penilaian calon pengguna pada buku panduan serta website cognitive behavior cybercounseling meliputi aspek kegunaan ketepatan kemudahan kelayakan keberterimaan diperoleh indeks uji ahli 0.95 artinya memiliki validitas sangat tinggi. Uji efektifitas Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0 028. Karena nilai 0 028 lebih kecil dari lt 0 05 Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki keterbatasan. Beberapa saran untuk penelitian selanjutnya website dan panduan CBC dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pelaksanaan konseling kepada siswa SMP yang mengalami kecemasan dalam pembelajaran matematika. Konselor hendaknya melakukan pendampingan kepada siswa dalam pelaksanaan konseling. Uji keefektifan pengembangan website dan panduan CBC terbatas hanya dilakukan di SMPN 13 Malang oleh karena itu peneliti selanjunya diharapkan dilakukan pada subjek dan skala yang lebih besar dan disekolah yang berbeda. Penelitian ini dilakukan sebatas dalam pembelajaran matematika peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada kecemasan dalam pembelajaran lainnya dengan populasi yang diperluas seperti di SMA/MA/SMK

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305047

Actions (login required)

View Item View Item