Analisis discrepancy pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MTSN se-Malang Raya / Sulastrini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis discrepancy pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MTSN se-Malang Raya / Sulastrini</p>

Sulastrini (2023) Analisis discrepancy pelaksanaan program bimbingan dan konseling di MTSN se-Malang Raya / Sulastrini</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua konselor melaksanakan evaluasi. Oleh karena itu tidak ada perbaikan program layanan Bimbingan dan Konseling dari tahun ke tahun. Banyak alasan konselor tidak melakukan evaluasi program layanan antara lain ketidakmampuan konselor melakukan evaluasi minimnya minat konselor untuk belajar melakukan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling dan minimnya pelatihan yang diberikan kepada konselor untuk mengevaluasi program layanan Bimbingan dan Konseling. Hasil studi pendahuluan dari 10 Madrasah Negeri se-Malang Raya ditemukan hanya 13% konselor yang melakukan evaluasi program bimbingan 14% konselor sebagian melaksanakan dan 73% konselor tidak melakukan sama sekali. Hasil dari wawancara konselor menyampaikan bahwa kendala tidak terlaksananya evaluasi karena padatnya kegiatan yang kadang hanya melakukan namun belum bisa mengadministrasikan dengan baik. Adapun tujuan penelitian evaluasi adalah untuk mengungkap kesenjangan antara standar pelaksanaan program bimbingan dan konseling dengan kondisi senyatanya. Rancangan penelitian evaluasi ini menggunakan discrepancy model. Peningkatan mutu pelaksanaan program bimbingan dan konseling diperoleh dari data dan informasi implementasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang didapat dari sekolah terteliti. Metode penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan tahapan desain penelitian antara lain (1) Desain (2) Instalasi (3) Proses (4) Produk dan (5) Analisis Biaya-Manfaat (Cost-Benefit Analysis). Model penelitian evaluasi yang digunakan adalah penelitian evaluasi yang didasarkan atas penggunaan standart atau model discrepancy. Pokok yang menjadi fokus kajian adalah bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling di madrasah tsanawiyah (MTs). Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di madrasah tsanawiyah (MTs) se Malang Raya. Adapun data hasil evaluasi yang didapatkan melalui instrumen yang dikembangkan berdasarkan guidelines for performance based profesional school counselor evaluation dari Missiouri Departemen of Elementary and Secondary Education dan kode etik dari Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) kemudian dianalisis secara statistik dan dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada MTs di Kabupaten Malang secara berurutan adalah fokus 3 6 2 4 5 1 MTs di Kota Malang secara berurutan fokus 3 6 2 4 5 1 dan MTs di Kota Batu secara berurutan fokus 3 2 4 5 1 6. Data tersebut menunjukkan pada urutan tertinggi atau mendekati standart terdapat kesamaan yaitu fokus 3 yaitu konselor profesional melakukan layanan responsif secara berkelompok maupun individu. Urutan terendah di Kabupaten Malang dan Kota Malang fokus 1 yaitu konselor profesional melakukan layanan dasar dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki sedangkan di Kota Batu pada fokus 6 yaitu konselor sekolah profesional memiliki tanggung jawab profesional. Keterlaksanaan program bimbingan dan konseling bukan serta merta dilakukan tanpa memperhatikan fokus-fokus layanan secara menyeluruh. Oleh karena itu diperlukan keselarasan dalam pelaksanaan program secara komprehensif. Perbaikan dan pengembangan program bimbingan dan konseling yang sesuai dengan standar perlu dilakukan untuk mencapai pelaksanaan layanan yang optimal. Guru bimbingan dan konseling atau konselor perlu memperhatikan poin-poin terkait keterlaksanaan fokus yang jauh standar yang ada sehingga perbaikan terhadap poin tersebut dapat dilakukan. Pelaksanaan penelitian lanjutan dengan jangkauan lebih luas diperlukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305042

Actions (login required)

View Item View Item