Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa smapengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa SMA / Indira Ratnafuri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa smapengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa SMA / Indira Ratnafuri</p>

Ratnafuri, Indira (2022) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa smapengembangan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa SMA / Indira Ratnafuri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perbedaan peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat memunculkan konsep tugas-tugas berdasarkan jenis kelamin tertentu. Hal tersebut sering terjadi tumpang tindih dengan pembahasan gender. Dalam dunia pendidikan kesadaran kesetaraan gender sebagai isu bersama memberikan paradigma baru dalam membangun layanan yang berkeadilan gender. Dalam konteks ini layanan bimbingan diharapkan membangun layanan yang berorientasi pada kesetaraan gender kepada siswa sesuai SKKPD SMA pada aspek kesadaran gender. Kesadaran kesetaraan gender merupakan keyakinan Individu dalam menghargai perbedaan yang terdapat dalam gendernya dan gender lain serta tidak beranggapan diskriminasi terhadap salah satu gender sehingga muncul sinergitas dan kesejajaran. Berdasarkan studi pendahuluan berupa observasi secara langsung dan melalui studi kuantitatif dengan metode survey pada kelompok kecil yang berjumlah 108 siswa melalui angket menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Lawang tingkat kesadaran kesetaraan gender 43% (47 siswa) berada pada kategori sedang. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan produk panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender dengan teknik sinema edukasi untuk siswa SMA. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall (1983) dengan menggunakan 10 langkah yaitu dimulai daristudi pendahuluan rencana produk yang akan dikembangkan penyusunan sistematika produk uji coba ahli perbaikan produk berdasarkan uji ahli uji produk oleh guru BK perbaikan produk berdasarkan penilaian dari guru BK uji keefektifan perbaikan produk akhir dan deseminasi hasil pengembanga. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesadaran kesetaraan gender instrumen validasi ahli bimbingan dan konseling instrumen validasi ahli media pembelajaran serta instrumen validasi calon pengguna. Instrumen validasi ahli tersebut dianalisis menggunakan model analisis inter-rater agreement untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan produk panduan. Untuk mengetahui tingkat efektivitas produk panduan peneliti melaksanakan uji lapangan operasional dalam bentuk uji kelompok kecil. Hasil uji produk dari ahli bimbingan dan konseling memiliki indeks rdquo 1 rdquo kategori validitas sangat tinggi ahli media sebesar rdquo 1 rdquo kategori validitas sangat tinggi calon pengguna memberi penilaian rdquo 1 rdquo kategori dan termasuk dalam validitas sangat tinggi. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dari berbagai aspek yang telah ditentukan dan dinyatakan layak untuk dipergunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor dan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada kesadaran kesetaraan gender siswa. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya mencakup (1) Penelitian dan pengembangan dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Untuk peneliti tentang kesadaran kesetaraan gender selanjutnya disarankan melakukan pengkajian lebih mendalam jika diterapkan di sekolah lain. (2) Peneliti dan pengembangan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba terkait dengan sampel yang lebih luas yaitu Kota Batu Kota Malang dan Kabupaten Malang ( Malang Raya) (3) Peneliti selanjutnya tentang kesadaran kesetaraan gender dengan strategi Blanded Learning dengan harapan menambah referensi yang digunakan dalam meningkatkan kesadaran kesetaraan gender siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305041

Actions (login required)

View Item View Item