Sainda, Ahmad Thoriq Tri Sainda (2023) Keefektifan bimbingan kelompok metode experiental learning dengan teknik self management untuk mengembangkan adaptabilitas karier siswa smkn 10 malang / AHMAD THORIQ TRI SAINDA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sainda Ahmad Thoriq Tri. 2023. Keefektifan Bimbingan Kelompok Metode Experiental Learning dengan Teknik Self Management Untuk Mengembangkan Adaptabilitas Karier Siswa SMK. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd M.Pd. (2) Prof. Dr. H. IM Hambali M.Pd. Kata Kunci experiential learning self management adaptabilitas karier Para siswa SMK perlu memiliki kemampuan adaptabilitas karier yang baik untuk dapat mengatasi perubahan karier mendapat pekerjaan dengan cepat tanpa mengalami pengangguran jangka panjang dan dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian dan keterampilan mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan kelompok metode eksperiential learning dengan teknik self management dalam mengembangkan adaptabilitas karier siswa SMK. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan eksperimen Non- Equivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 20 siswa menjadi subjek penelitian yang memiliki tingkat adaptabilitas karier kategori sedang dan mereka dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu skala adaptabilitas karier yang terdiri dari 24 item pernyataan dengan menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban yang tersedia. Teknik analisis data yang digunakan dengan statistik non parametrik SPSS versi 24 menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Kelompok eksperimen yang awalnya skor pretest masuk pada kategori sedang dengan rentang skor 45 hingga 67 setelah diberikan intervensi bimbingan kelompok metode eksperiential learning dengan teknik self management mendapati kategori skor tinggi. Sedangkan untuk kelompok kontrol yang awalnya skor pretest masuk pada kategori tinggi dengan rentang skor 45 hingga 61 setelah diberikan intervensi bimbingan kelompok teknik sinema edukasi mendapati kategori skor tinggi. Hasil analisis menggunakan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai Asym.sig sebesar 0.005 (0.005 lt 0.05) diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat adaptabilitas karier siswa antara intervensi yang diberikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang artinya bimbingan kelompok metode eksperiential learning dengan teknik self management lebih efektif untuk mengengembangkan adaptabilitas karier siswa SMK. Saran penelitian diantaranya (1) konselor dapat menerapkan dan bisa menjadi salah satu alternatif pendekatan untuk mengengembangkan adaptabilitas karier siswa dan (2) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan subjek yang lebih banyak karena penelitian ini hanya dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pada subjek yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |