Keefektifan teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier holland untuk mengembangkan perencanaan karier peserta didik smp / Syarifah Runika Umaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier holland untuk mengembangkan perencanaan karier peserta didik smp / Syarifah Runika Umaria

Umaria, Syarifah Runika Umaria (2023) Keefektifan teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier holland untuk mengembangkan perencanaan karier peserta didik smp / Syarifah Runika Umaria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Pertama merupakan jenjang yang perlu dijadikan dasar merencanakan karier. Perencanaan karier adalah sebuah proses peserta didik memilih suatu sasaran karier serta strategi untuk mencapai tujuan karier yang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Perencanaan karier mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan dan pemahaman diri sendiri pengetahuan dan pemahaman dunia kerja serta penalaran yang realistis antara hubungan pengetahuan diri sendiri dengan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier Holland untuk mengembangkan perencanaan karier peserta didik SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Penelitian ini dilakukan kepada 60 subjek penelitian dengan kriteria memiliki perencanaan karier sedang dan rendah berdasarkan hasil skala perencanaan karier. Dari 60 subjek penelitian tersebut dibagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dalam satu kelas terdapat 30 subjek penelitian. Subjek penelitian yang masuk dalam kelas eksperimen akan diberikan intervensi berupa teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier Holland. Sedangkan subjek penelitian yang tergabung kedalam kelas kontrol akan diberikan intervensi dengan kecenderungan teknik diskusi dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan adalah skala perencanaan karier untuk mengukur tingkat perencanaan karier peserta didik dan pedoman eksperimen untuk memperoleh data berkenaan dengan pemberian intervensi yaitu teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier Holland pada kelas eksperimen serta pemberian intervensi berupa teknik diskusi dan tanya jawab pada kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui sejauh mana perbedaan antara hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya menggunakan uji Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U untuk menjawab hipotesis berkenaan dengan ada atau tidaknya perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji Wilcoxon pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0 000 lt 0 05. Selanjutnya hasil uji Wilcoxon pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0 000 lt 0 05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Peneliti selanjutnya menggunakan uji Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U hasil yang diperoleh adalah Zhitung -6516 dan skor Asym. Sig. (2-tailed) berada pada 0 000 (0 000 lt 0 05). Selain itu diperoleh data mean pada kelas eksperimen sebesar 45 18 dan mean pada kelas kontrol 15 82 sehingga selisih antara nilai mean kelas eksperimen dan mean pada kelas kontrol sebesar 29 36 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier Holland efektif untuk mengembangkan perencanaan karier peserta didik SMP. Penelitian ini memiliki beberapa saran yaitu Pertama konselor dapat menggunakan teknik modeling simbolik berdasarkan tipe kepribadian karier Holland untuk mengembangkan perencanaan karier pada peserta didik. Kedua bagi peneliti selanjutnya yaitu memberikan layanan dalam setting kelompok agar subjek penelitian dapat teramati secara lebih mendalam selain itu pelaksanaan penelitian juga dapat dilaksanakan dalam jenjang sekolah SMP lain seperti pada kelas VII maupun kelas IX agar subjek penelitian menjadi lebih beragam tidak terbatas hanya pada kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305036

Actions (login required)

View Item View Item