Pengembangan panduan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri / NURUL ATHIFAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri / NURUL ATHIFAH

Athifah, Nurul Athifah (2023) Pengembangan panduan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri / NURUL ATHIFAH. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Athifah Nurul. 2023. ldquo Pengembangan Konseling Kelompok Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Sikap Asertif Santri Korban Bullying rdquo . Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd (II). Dr.Diniy Hidayatur Rahman M.Pd Kata Kunci Panduan Konseling Kelompok Self-Instruction Kepercayaan Diri Sikap Asertif Bullying. Pengembangan panduan konseling kelompok teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri korban bullying ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa beberapa santri menjadi korban bullying tidak idealnya rasio guru bimbingan dan konseling dengan santri yang ada serta belum ada media yang dapat menjadi alternatif untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan masalah siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikap asertif santri yang memenuhi kriteria ketepatan kebermanfaatan kemenarikan dan kemudahan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Namun pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian dan pengembangan sampai tahap ke-5 yaitu merevisi produk dan melaksanakan tahap 10 yaitu deseminasi dan implementasi produk subjek penelitian terdiri atas (1) dua ahli materi bimbingan dan konseling (2) dua ahli media yaitu media pembelajaran (3) satu calon pengguna konselor dan (4) 6 orang santri yang memiliki kepercayaan diri dan sikap asertif yang rendah. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat ukur tingkat kepercayaan diri dan sikap asertif santri adalah skala kepercayaan diri dan skala sikap asertif instrumen penilaian ahli materi instrumen penilaian ahli media dan instrumen penilaian calon pengguna. Dalam analisis data peneliti melakukan analisis dengan interrater agreement model. Peneliti telah menggembangkan panduan konseling kelompok teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri dan sikapa serif santri korban bullying yang terdiri dari 6 bab. bab 1 Pendahluan bab 2 petunjuk penggunaan panduan bab 3 pre-test dan post-test bab 4 konsep dasar bab 5 prosedur pelaksanaan konseling kelompok bab 6 penutup. Penilaian ahli bimbingan dan konseling ahli media pembelajaran dan calon pengguna menunjukkan bahwa indeks keberterimaan 1 00 yang berarti bahwa panduan konseling kelompok teknik self-instruction ini sangat tepat sangat bermanfaat sangat menarik dan sangat mudah untuk digunakan. Bagi guru bimbingan dan konseling disarankan untuk memberikan informasi kepada santri mengenai teknik self-instruction dan langkah langkah dalam pelaksanaannya dan adapun bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangakn lebih lanjut terkait sasaran panduan teknik self-instruction sehingga panduan ini dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305035

Actions (login required)

View Item View Item