Rahmawati, Septia Rahmawati (2023) Pengembangan panduan bimbingan kelompok teknik role play bermuatan welas asih untuk mencegah tindak perundungan verbal di sekolah menengah pertama / SEPTIA RAHMAWATI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tindak perundungan bagaikan perumpamaan gunung es terlihat kecil di atas permukaan tetapi sebenarnya menyimpan berbagi permasalahan yang sebagian besar tersimpan di bawah permurkaan dan tidak mudah diketahui banyak khalayak. Tindak perundugan verbal harus segera dicegah dengan upaya-upaya preventif agar tindak tersebut tidak menunjukan tren peningkatan di kalangan masyarakat terutama di lingkungan sekolah. Terlebih hingga hari ini di Indonesia permasalahan mengenai tindak perundungan verbal sering terjadi di lingkungan sekolah sekolah yang dikhususkan menjadi tempat yang aman dalam menimba ilmu pengetahuan ternyata tidak luput dari tindak perundungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa buku bimbingan kelompok teknik role play bermuatan welas asih untuk mencegah tindak perundungan verbal di SMP. Pengintegrasian welas asih menjadi salah satu keterbaharuan dalam penelitian ini untuk guru Bimbingan dan Konseling atau konselor dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok.. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan produk menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang mencakup langkah-langkah analysis design development implementation dan evaluation. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan mengembangkan sebuah produk secara utuh sesuai langkah model ADDIE. Produk dikatakan layak apabila memenuhi keberterimaan produk sesuai dengan aspek adapun aspek-aspek tersebut antara lain aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Uji ahli antara lain uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli materi budaya uji ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna produk yaitu konselor sekolah. Uji coba keefektifan panduan dilakukan kepada peserta didik di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Malang kelas VII. Data hasil pengembangan adalah data kuantitatif dan kualitatif data numerik dianalisis dari pertimbangan uji ahli serta uji dengan the wilcoxon signed rank test guna mengetahui adanya signifikansi perubahan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada subjek penelitian. Hasil penelitian menghasilkan keberterimaan produk secara tepat mudah menarik dan tentunya berguna untuk digunakan oleh guru BK. Rata-rata persentase penilaian dari 2 ahli materi bimbingan dan konseling menunjukkan angka 88.6% dengan kualifikasi sangat baik 2 ahli materi budaya dengan persentase 94.25% 2 ahli media pembelajaran persentase yang didapat 98.4% dan uji untuk calon pengguna produk dengan persentase sempurna 100%. Seluruh persentase dari uji ahli bahwa produk memiliki kualifikasi sangat baik dan berketerangan sangat layak tidak perlu direvisi. Hasil uji keefektifan juga menunjukkan adanya perubahan skor kecenderungan tindak perundungan verbal. Kemudian saran yang dapat menjadi pertimbangan peneliti selanjutnya mencakup (1) Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dapat memahami buku panduan secara komprehensif dan menggunakannya secara tepat (2) peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan panduan dengan sasaran peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |