Analisis jalur pengaruh efikasi diri akademik, dukungan sosial dan harga diri terhadap intensitas problematic internet use (piu) siswa ma bilingual batu / Shabrina Muyassirotul 'Aliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis jalur pengaruh efikasi diri akademik, dukungan sosial dan harga diri terhadap intensitas problematic internet use (piu) siswa ma bilingual batu / Shabrina Muyassirotul 'Aliyah

'aliyah, Shabrina Muyassirotul 'aliyah (2023) Analisis jalur pengaruh efikasi diri akademik, dukungan sosial dan harga diri terhadap intensitas problematic internet use (piu) siswa ma bilingual batu / Shabrina Muyassirotul 'Aliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan internet dapat memberikan dampak negatif bagi para penggunanya salah satunya muncul fenomena Problematic Internet Use (PIU). Hasil studi pendahuluan pada 48 siswa MA Bilingual Batu mendapati 33 siswa mengalami PIU pada kategori sedang dan 15 siswa mengalami PIU pada kategori rendah. Hasil kajianliteratur menemukan variabel efikasi diri akademik dukungan sosial dan harga diri berkontribusi terhadap Problematic Internet Use (PIU). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar konstruk yang dibangun dalam model teoritik intensitas Problematic Internet Use (PIU). Penelitian berikut memakai metode penelitian kuantitatif non-experimental berdesain studi korelasi. Pada penelitian berikut ada variabel eksogen yakni efikasi diri akademik (X1) serta dukungan sosial (X2) variabel intervening yakni harga diri (Y1) serta variabel endogen yaitu Problematic Internet Use (PIU) (Y2). Populasi pada penelitian berikut ialah semua pelajar MA Bilingual Batu yang jumlahnya 275 pelajar. Teknik pengambilan sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana ukuran sampelnya berjumlah 170 pelajar. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah skala pengukuran. Hasil pengumpulan data akan dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian berikut memaparkan bahwasanya efikasi diri akademik berpengaruh negatif secara langsung terhadap intensitas Problematic Internet Use (PIU) pada siswa MA Bilingual Batu serta pengaruhnya tidak dimediasi oleh harga diri. Dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap intensitas Problematic Internet Use (PIU) pada siswa MA Bilingual Batu baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui harga diri. Harga diri tidak berpengaruh secara langsung terhadap intensitas Problematic Internet Use (PIU) pada siswa MA Bilingual Batu. Berdasarkan hasil penelitian penulis merekomendasikan untuk sejumlah pihak pada penelitian berikut. Bagi Guru BK (Bimbingan dan Konseling) dapat merancang layanan dan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa terkait intensitas Problematic Internet Use (PIU). Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian lanjutan mengenai variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap intensitas Problematic Internet Use (PIU).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 01:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305030

Actions (login required)

View Item View Item