Kontribusi kecerdasan emosional, dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya terhadap kematangan sosial siswa sekolah menengah pertama / Shanti Karlina Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi kecerdasan emosional, dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya terhadap kematangan sosial siswa sekolah menengah pertama / Shanti Karlina Yuniarti

Yuniarti, Shanti Karlina Yuniarti (2023) Kontribusi kecerdasan emosional, dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya terhadap kematangan sosial siswa sekolah menengah pertama / Shanti Karlina Yuniarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuniarti Shanti Karlina. 2023. Hubungan Kecerdasan Emosional Dukungan Orang Tua dan Dukungan Teman Sebaya dengan Kematangan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A (2) Prof. Dr. IM. Hambali M.Pd. Kata Kunci Kecerdasan Emosional Dukungan Orang Tua Dukungan Teman Sebaya Kematangan Sosial Pada proses perkembangan terjadi perubahan dalam bentuk dan fungsi kematangan organ mulai dari aspek fisik intelektual dan emosional. Masa kini siswa mulai memahami dalam mengembangkan emosional bersosial adalah hal yang penting sehingga memerlukan kemampuan dan keterampilan penyesuain diri dengan lingkungan sekitar kematangan sosial pada masa ini dipengaruhui oleh kemampuan beraktifitasi (bekerja sama) hubungan antar pribadi (teman sebaya) yang sejenis maupun dengan lawan jenis dan pencapaian prestasi. Kematangan sosial itu sendiri adalah istilah yang umum dengan mengacu pada perilaku yang sesuai dengan standar dan harapan dari orang dewasa dengan mengacu pada pada perilaku yang sesuai dengan umur individu. Kematangan sosial siswa dapat ditentukan baik secara internal maupun eksternal dimana secara internal terkait secara langsung dengan kecerdasan emosional siswa dan secara internal ditentukan oleh dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya. Sehubungan dengan masalah di atas Guru Bimbingan dan konseling pada SMP Al-Hidayah Malang diperlukan mengetahui capaian kematangan sosial siswanya. Sehingga dapat memberikan upaya dalam meningkatkan kematangan sosial peserta didik di sekolah melalui layanan konseling individu dan bimbingan kelompok. Adapun variabel-variabel yang diduga determinan dengan kematangan sosial diantaranya kecerdasan emosional dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel kecerdasan emosional (X1) dengan kematangan sosial (Y) dukungan orang tua (X2) dengan kematangan sosial (Y) dan dukungan teman sebaya (X3) dengan kematangan sosial (Y). Penelitian ini menggunkan metode ex post facto. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 52 siswa SMP Al-Hidayah Malang. Temuan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara kecerdasan emosional (X1) dengan kematangan sosial (Y) nilai P-value 0.010 dan nilai r 0.341 bahwa memiliki korelasi cukup terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua (X2) dengan kematangan sosial (Y) nilai P-value 0.043 lt 0.05 dan r 0.201 bahwa memiliki hubungan yang sangat lemah terdapat hubungan signifikan antara dukungan teman sebaya (X3) dengan kematangan sosial (Y) nilai P-value 0.035 lt 0.05 dan r 0.135 bahwa memiliki kekuatan hubungan sangat lemah. Sehingga secara bersamaan terdapat nilai P-value 0.049 lt 0.05 dan r 0.133 yang berarti hubungan yang signifikan antara hubungan kecerdasan emosional dukungan orang tua dan teman sebaya secara bersamaan dengan kematangan sosial. Saran bagi Universitas Negeri Malang sebagai bahan referensi bagi perpustakaan Universitas Negeri Malang serta dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi civitas akademika yang akan mengadakan penelitian mengenai hubungan kecerdasan emosional dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya dengan kematangan sosial. Bagi Guru BK dapat sebagai bahan informasi dan referensi untuk meningkatkan kematangan sosial siswa. Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang hasil penelitian ini dapat dijadikan tambahan dan bahan referensi yang bermanfaat dan relevan khususnya bagi mahasiswa Program Studi S2 jurusan bimbingan dan konseling terkait dengan hubungan kecerdasan emosional dukungan orang tua dan dukungan teman sebaya dengan kematangan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305029

Actions (login required)

View Item View Item