Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis stem terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas vii smp materi pemanasan global dan lapisan bumi / Aisa Safana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis stem terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas vii smp materi pemanasan global dan lapisan bumi / Aisa Safana

Safana, Aisa Safana (2022) Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis stem terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas vii smp materi pemanasan global dan lapisan bumi / Aisa Safana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di era yang maju ini peserta didik dituntut untuk memahami dan menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam segala aspek dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang disarankan adalah model pembelajaran yang Dapat menghasilkan sebuah karya berdasarkan pemecahan masalah atau yang dikenal dengan sebutan model pembelajaran project based learning (PjBL). Dipadukan dengan pendekatan STEM (science technology engineering mathematics). Dengan menggunakan model PjBL berbasis STEM dapat meningkatkan penguasaan dan pengaplikasian pengetahuan untuk memecahkan masalah serta juga menciptakan inovasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran PjBL berbasis STEM berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive random sampling. Tahapan pembelajaran dalam penelitian ini mengikuti tahapan pembelajaran PjBL-STEM Laboy-rush yang terdiri dari 5 tahapan pembelajaran yaitu reflection research discovery application communication. Ranah penguasaan konsep yang diukur menggunakan taksonomi Bloom pada ranah C1-C5 yang meliputi mengingat memahami mengaplikasikan menganalisis dan mengevaluasi. Soal pretest-posttest yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Instrumen-instrumen yang terdiri dari silabus RPP LKPD dan Soal dikembangkan oleh peneliti dan sebelum dilakukan penelitian terlebih dulu divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelas yang menggunakan model PjBL berbasis STEM dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 85 dan 65. Hasil analisis data yang dilakukan dengan software SPSS memperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 yang disimpulkan ada pengaruh penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap Peserta didik yang menggunakan model Konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305025

Actions (login required)

View Item View Item