Pengaruh penerapan model pembelajaran pjbl-stem terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada topik teknologi ramah lingkungan / NADIYYATUL HUSNA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran pjbl-stem terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada topik teknologi ramah lingkungan / NADIYYATUL HUSNA

Husna, Nadiyyatul Husna (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran pjbl-stem terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada topik teknologi ramah lingkungan / NADIYYATUL HUSNA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maksud dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mencari tahu pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM atau PjBL-STEM pada topik teknologi ramah lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test control group. Terdapat 60 siswa kelas IX sebagai subjek penelitian yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur dengan tes berupa empat soal essay. Hipotesis diuji menggunakan metode Mann-Whitney U test yang hasilnya menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan pada keterampilan berpikir kreatif siswa kedua kelas. N-Gain rata-rata dihitung untuk melihat peningkatan keterampilan siswa dalam berpikir kreatif yang mana didapatkan angka 0 69 pada kelas eksperimen dan 0 33 pada kelas kontrol. Besarnya pengaruh dari pembelajaran PjBL-STEM dihitung dengan rumus Cohen rsquo s effect size dan menghasilkan nilai 2 6. Hal tersebut membuktikan bahwa pembelajaran PjBL-STEM memiliki pengaruh besar terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305024

Actions (login required)

View Item View Item