Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa smp kelas vii pada materi pencemaran lingkungan / Utari Ramadhanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa smp kelas vii pada materi pencemaran lingkungan / Utari Ramadhanti

Ramadhanti, Utari Ramadhanti (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa smp kelas vii pada materi pencemaran lingkungan / Utari Ramadhanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) penting dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. KPS mampu meningkatkan pemahaman materi siswa akan bersifat jangka panjang agar siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut sebagai upaya problem solving dalam kehidupan sehari-harinya. Pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir dan bersikap secara ilmiah serta meningkatkan intelektual siswa melalui penyelidikan sehingga menunjukkan bahwa keterampilan proses sains meningkat dengan diterapkannya model inkuiri terbimbing. Penelitian untuk mengetahui perbedaan penggunaan model inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran lain serta pengaruhnya terhadap KPS. Materi yang digunakan yakni pencemaran lingkungan. Rancangan penelitian yang digunakan yakni penelitian semu (quasi eksperimen). Penelitian dilakukan pada dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model discovery learning diterapkan dalam kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen digunakan model inkuiri terbimbing. Tes yang digunakan menggunakan soal sesuai aspek keterampilan proses sains yang akan diukur. Desain penelitian yang digunakan pretest ndash posttest control group design. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent sample t Test yakni nilai signifikansi 0 00 kurang dari taraf signifikansi 0 05 maka dapat dikatakan terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305019

Actions (login required)

View Item View Item