Efektivitas model steam-gbl dengan bantuan educandy games untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik / Fadhila Firdianika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model steam-gbl dengan bantuan educandy games untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik / Fadhila Firdianika</p>

Firdianika, Fadhila (2023) Efektivitas model steam-gbl dengan bantuan educandy games untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik / Fadhila Firdianika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persentase siswa yang bisa menggapai nilai KKM pada materi suhu dan kalor hanya sebesar 45%. Permasalahan mengenai model pembelajaran dan media yang digunakan menyebabkan penyampaian materi terhambat. Melalui model STEAM-GBL dengan bantuan Educandy Games diharapkan bisa melebarkan cakupan materi dan mengaitkannya dengan situasi dunia nyata untuk mempermudah pemahaman. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menenemukan keefektifan dari model STEAM-GBL dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII SMP materi suhu dan kalor. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 7 yang berjumlah 52 siswa. Analisis data terdiri dari uji-t N-Gain dan effect size. Uji-t menunjukkan hasil sig. (0 026) lt 0 05 yang artinya model pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Analisis N-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen (0 66) memiliki skor lebih tinggi daripada kelas kontrol (0 43) dan keduanya berada pada kategori sedang artinya kedua kelas mengalami peningkatan yang sama dalam prestasi belajar. Perbedaannya berada pada besarnya peningkatan tersebut terutama pada level kognitif soal C4. Subtopik suhu memiliki skor N-Gain paling tinggi di kedua kelas disusul dengan subtopik pemuaian dan yang terakhir kalor. Soal konsep kalor memiliki skor N-Gain paling besar di kedua kelas sedangkan soal pengaruh kalor terhadap suhu memiliki skor N-Gain paling kecil di kedua kelas. Analisis effect size dengan hasil d 0 6 menunjukkan bahwa operasionalisasi model STEAM-GBL memiliki dampak ldquo sedang rdquo dalam meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 01:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305016

Actions (login required)

View Item View Item