Pengembangan diktat pada materi zat aditif dan adiktif dengan model inquiry based learning pendekatan STEM dalam peningkatan literasi sains siswa / Rif\'atul Himmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan diktat pada materi zat aditif dan adiktif dengan model inquiry based learning pendekatan STEM dalam peningkatan literasi sains siswa / Rif\'atul Himmah</p>

Himmah, Rif'atul (2023) Pengembangan diktat pada materi zat aditif dan adiktif dengan model inquiry based learning pendekatan STEM dalam peningkatan literasi sains siswa / Rif\'atul Himmah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad ke-21 salah satu keterampilan yang diperlukan siswa ialah literasi sains. Namun berdasarkan penelitian dan hasil observasi di lapangan literasi sains siswa tergolong rendah karena pembelajaran saat ini masih belum mengedepankan proses literasi sains. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar dengan model inquiry based learning dan pendekatan STEM yang berfokus kepada siswa sehingga mampu memfasilitasi siswa dalam meningkatkan keterampilan literasi sains mereka. Bahan ajar dengan model dan pendekatan ini dapat digunakan untuk materi zat aditif dan adiktif yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berupa diktat materi zat aditif dan adiktif dengan model inquiry based learning pendekatan STEM dalam peningkatan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Sedangkan data penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian ini didapatkan hasil validasi media 93 75% (sangat valid) validasi materi dengan persentase 84 25% (sangat valid) kebenaran konsep dengan persentase 100% (sangat valid) uji kepraktisan guru dengan persentase 96 60% (sangat valid) uji keterbacaan siswa dengan persentase 92 04% (sangat valid) serta uji keefektifan dari hasil pretest dan posttest ditunjukkan persentase N-Gain sebesar 80 17% (sangat efektif) dan uji t ditunjukkan dengan taraf signifikansi yang mengindikasikan perbedaan yang signifikan hasil pretest dan posttest. Dari data yang didapatkan maka dapat dikatakan bahwa penerapan diktat sebagai bahan ajar dengan model inquiry based learning pendekatan STEM sangat valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains pada siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305012

Actions (login required)

View Item View Item