Pengembangan dan penggunaan instrumen penilaian critical thinking skills materi sistem pernapasan Kelas 8 / Ardhina Ika Sahana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan penggunaan instrumen penilaian critical thinking skills materi sistem pernapasan Kelas 8 / Ardhina Ika Sahana</p>

Sahana, Ardhina Ika (2022) Pengembangan dan penggunaan instrumen penilaian critical thinking skills materi sistem pernapasan Kelas 8 / Ardhina Ika Sahana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Critical thinking skills merupakan keterampilan abad ke-21 yang perlu dimiliki oleh peserta didik sehingga penting untuk dibiasakan dan diterapkan pada pembelajaran di kelas. Saat ini banyak pendidik yang kurang kreatif dalam mengembangkan instrumen penilaian sehingga critical thinking skills sangat jarang diterapkan di kelas. Salah satu cara membiasakan critical thinking skills adalah dengan mengembangkan instrumen penilaian yang layak salah satunya pada materi sistem pernapasan.Materi sistem pernapasan merupakan materi yang sulit dibandingkan dengan materi lainnya berdasarkan hasil penilaian harian.Penelitian ini menerapkan Research and Development menggunakan modifikasi model 4D yakni define design dan develop. Penelitian dilakukan kepada 105 peserta didik kelas VIII. Validasi dilakukan oleh tigaahli dengan hasil indeks validitas isi sebesar 1 00 dan kesepakatan antar penilai didapatkan 0 87 yang tergolong sangat baik dengan kriteria kesesuaian dengan indikator soal kebenaran konten/konsep kejelasan aspek yang ditanyakan kepadatan dan kejelasan rumusan kalimat dan ketepatan criticlal thinking skills. Hasil analisis butir soal didapatkan sebelas soal termasuk valid dan reliabel. Setelah dilakukan uji coba diketahui level critical thinking skills peserta didik mendapatkan skor 53 05% yang berada pada level sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305007

Actions (login required)

View Item View Item