Pengembangan animasi sebagai sumber belajar kegiatan menjelaskan tekanan zat untuk mengembangkan kemampuan bernalar siswa SMP/MTS Kelas VIII / Muti\'atul Lailiyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan animasi sebagai sumber belajar kegiatan menjelaskan tekanan zat untuk mengembangkan kemampuan bernalar siswa SMP/MTS Kelas VIII / Muti\'atul Lailiyah</p>

Lailiyah, Muti'atul (2022) Pengembangan animasi sebagai sumber belajar kegiatan menjelaskan tekanan zat untuk mengembangkan kemampuan bernalar siswa SMP/MTS Kelas VIII / Muti\'atul Lailiyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bernalar merupakan suatu penjelasan yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau lebih atas dasar alasan tertentu dan dengan langkah tertentu sampai pada kesimpulan. Berdasarkan taksonomi SOLO proses bernalar memiliki 5 tingkatan yaitu (1) prestruktural (2) unistruktural (3) multistruktural (4) relasional (5) abstrak diperluas. Siswa SMP/MTs memiliki usia rata-rata 14 tahun dan seharusnya dapat melakukan penalaran tingkat multistruktural. Siswa SMP/MTs berada pada ranah transisi dari tahap berpikir secara formal menuju ranah abstrak sehingga sebagian siswa kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat mengakibatkan menurunkan minat siswa dalam belajar. Timbulnya celah pemahaman dapat mempengaruhi proses belajar siswa pada tingkatan selanjutnya. Sebab itu perlu menyediakan sumber belajar yang dapat menarik minat siswa serta meningkatkan kemampuan siswa dalam bernalar tingkat multistruktural sehingga tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan dan mengembangkan sumber belajar kegiatan menjelaskan tekanan zat untuk mengembangkan kemampuan bernalar siswa SMP/MTs kelas VIII. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model Sadiman. Penilaian kelayakan dan kevalidan sumber belajar dilakukan melalui uji validasi media dan materi oleh validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305006

Actions (login required)

View Item View Item