Refia, Farah Audifa (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi kalor dan perubahannya / Farah Audifa Refia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini kehidupan siswa telah dilingkupi oleh teknologi informasi dan komunikasi. Namun demikian media pembelajaran masih didominasi oleh media cetak berupa buku pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan research amp development design model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan angket validasi media validasi materi validasi soal uji empirik uji kelayakan guru uji keterbacaan siswa uji efektifivitas angket motivasi uji pra-eksperimen dan wawancara guru. Hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 82 04% validasi materi 97 98% validasi soal 86 04% uji kelayakan guru 92 11% dan uji keterbacaan siswa 95 26%. Hasil uji efektivitas diperoleh persentase sebelum menggunakan media 59 52% sedangkan setelah menggunakan media 83 05% dengan perolehan N-Gain sebesar 0 56 yang masuk dalam kategori sedang dan efektif. Hasil uji dependent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dengan posttest siswa. Hasil uji N-gain menunjukkan nilai 0 47 dengan kategori sedang dengan kata lain media pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan uji validasi uji kelayakan uji keterbacaan dan uji efektivitas maka media pembelajaran Cosains yang dihasilkan dapat dinyatakan valid dan layak digunakan serta bisa meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |