Rohmah, Seffy Mufidatur (2021) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis PBL-STEM untuk meningkatkan kemampuan hots siswa pada kegiatan menganalisis konsep suhu dan kalor / Seffy Mufidatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran pada abad 21 yang menekankan pada siswa untuk memiliki kemampuan HOTS dalam menyelesaikan permasalahan. Kemampuan HOTS siswa Indonesia masih rendah hal tersebut diketahui berdasarkan hasil PISA 2009 2012 2015 dan 2018 Indonesia menduduki peringkat menengah ke bawah. Belum adanya bahan ajar yang menunjang pembelajaran HOTS menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan HOTS siswa Indonesia. Tingkat kepahaman siswa terkait konsep suhu dan kalor masih rendah. Pengembangan bahan ajar berbasis permasalahan dan bahan ajar berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis PBL-STEM untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa pada kegiatan menganalisis konsep suhu dan kalor. Model pengembangan yang diterapkan yaitu diadaptasi dari model 4-D terdiri dari Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) dan Develop (Pengembangan). Tahap Dissaminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kajian literatur dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Kevalidan bahan ajar dinilai oleh validator ahli sedangkan kepraktisannya dinilai oleh guru dan siswa. Hasil validasi ahli menunjukkan produk sangat valid dengan persentase kevalidan pada kesesuaian dengan sintaks PBL adalah 100% kesesuaian dengan aspek STEM adalah 100% kesesuaian dengan indikator kemampuan HOTS adalah 100% kelayakan isi adalah 100% kelayakan penyajian adalah 100% kelayakan kebahasaan adalah 100% desain modul adalah 100% desain isi modul adalah 100% dan kesesuaian kalimat adalah 100%. Hasil uji kepraktisan pada guru mendapatkan rata-rata skor 100% (sangat praktis) dan hasil uji kepraktisan pada siswa mendapatkan hasil 78 8% (praktis). Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar IPA yang dikembangkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA serta dapat digunakan untuk mendukung meningkatkan kemampuan HOTS siswa pada kegiatan menganalisis konsep suhu dan kalor berdasarkan prediksi validator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/305000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |