Perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring menggunakan model problem based learning dengan pembelajaran luring menggunakan model problem based learning di SMK Negeri 2 Turen - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring menggunakan model problem based learning dengan pembelajaran luring menggunakan model problem based learning di SMK Negeri 2 Turen

Permata, Putri Zahra (2022) Perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring menggunakan model problem based learning dengan pembelajaran luring menggunakan model problem based learning di SMK Negeri 2 Turen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wabah covid-19 ini berdampak saat kegiatan pembelajaran sehingga di SMK Negeri 2 Turen dilakukan dua kegiatan pembelajaran yakni daring dan luring. Proses kegiatan mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ 1 serta X TKJ 2 di SMK Negeri 2 Turen masih dilaksanakan secara konvensional baik secara daring maupun luring. Kondisi ini mengakibatkan siswa menjadi bosan belajar serta hasil belajar juga menurun. Penelitian ini dilakukan pembelajaran secara daring dan luring memakai model problem based learning agar mengetahui hasil belajar siswa. Diharapkan kondisi tersebut diketahui perbandingan hasil belajar siswa yang daring serta luring memakai problem based learning. Penelitian yang dipakai ialah penelitian kuantitatif yang memakai tipe penelitian Quasi Experimental Design (penelitian eksperimen semu) dan memakai pretest posttest control group design. Kegiatan ini terdapat dua kategori eksperimen, yakni kategori daring dan kategori luring. Kedua kategori ini didistribusikan pretest terlebih dilanjutkan pemberian perlakuan yakni pembelajaran model problem based learning secara daring di kategori daring, dan model problem based learning secara luring di kategori luring. Kemudian untuk mengetahui hasil akhir, maka diberikan posttest. Berdasarkan analisis penelitian, hasil penelitian ini dengan uji paired sample t-test terdapat perbandingan yang signifikan antara pembelajaran luring dengan daring. Pembelajaran luring hasilnya lebih efisien ketimbang pembelajaran daring. Penelitian ini juga diuji dengan uji independent sample t-test yang mana terdapat perbandingan dari pembelajaran daring dengan luring. Pembelajaran daring hasilnya lebih efektif daripada pembelajaran luring. Kondisi yang mempengaruhi perbandingan tersebut pada waktu pelaksanaan daring lebih lama dari pada luring. Selain itu diperkuat dengan kurangnya pengawasan saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:52
Last Modified: 06 Jul 2023 03:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item