Penerapan tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran kedaulatan rakyat di MTs Yapik Sindangjawa Cirebon semester genap tahun ajaran 2011/2012 / Miftahly Nurrokhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran kedaulatan rakyat di MTs Yapik Sindangjawa Cirebon semester genap tahun ajaran 2011/2012 / Miftahly Nurrokhim

Nurrokhim, Miftahly (2012) Penerapan tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran kedaulatan rakyat di MTs Yapik Sindangjawa Cirebon semester genap tahun ajaran 2011/2012 / Miftahly Nurrokhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teams Games Tournament Hasil Belajar Teams Games Tournament adalah suatu tipe dari model pembelajaran kooperatif. Di dalam Teams Games Tournament terdapat unsur permainan akademik atau turnamen mingguan untuk mengganti tes individu. Teams Games Tournament dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Teams Games Tournament diterapkan di MTs YAPIK Sindangjawa karena pembelajaran mata pelajaran PKn masih menggunakan paradigma lama. Pembelajaran berpusat pada guru (teacher oriented) yaitu guru menjelaskan memberikan tugas dan mengerjakan soal. Guru belum pernah melakukan variasi pembelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk belajar. Hal tersebut menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam Pembelajaran Kedaulatan Rakyat di MTs YAPIK Sindangjawa Cirebon dengan memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang dibutuhkan dalam pengumpulan data adalah pedoman observasi dan tes akhir belajar. Analisis dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan Teams Games Tournament hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran Kedaulatan Rakyat meningkat. Hal itu dikarenakan aktivitas guru sebagai pelaku pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) secara keseluruhan berhasil dan mengalami peningkatan yang berarti. Bersadarkan Tes Hasil Belajar siklus I dapat dijelaskan bahwa 21 siswa (83%) mencapai SKM dan 4 siswa (17%) belum mencapai SKM. Sedangkan berdasarkan Tes Hasil Belajar siklus II semua siswa (100%) mencapai SKM. SKM yang digunakan adalah 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dalam Pembelajaran Kedaulatan Rakyat di MTs YAPIK Sindangjawa Cirebon Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item