Pengembangan modul elektronik berbasis project based learning-science, technology, engineering and mathematics dengan asesmen formatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi / Eva Silfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis project based learning-science, technology, engineering and mathematics dengan asesmen formatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi / Eva Silfiyah

Silfiyah, Eva Silfiyah (2021) Pengembangan modul elektronik berbasis project based learning-science, technology, engineering and mathematics dengan asesmen formatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi bioteknologi / Eva Silfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharusan siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif. Bioteknologi menjadi perantara bagi siswa untuk menguasaiilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat mengembangkan keterampilan dalam menyesuaikan diri pada perubahan dunia teknologi dan penerapannya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi masih rendah. Modul elektronikmerupakan bahan ajar dengan format elektronik yang dilengkapi dengan video audio animasi dan termasuk bukti dari kemajuan teknologi. Akan tetapi pengembanganmodul elektronik yang mendukung kegiatan proyek diintegrasikan denganScience Technology Engineering and Mathematics memperhatikan timbal balik antara guru dan siswa masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan E-modul berbasis Project Based LearningScience Technology Engineering and Mathematicsdengan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Bioteknologi. Penelitian dilakukan menggunakan model penelitian dan pengembangan Lee dan Owens dengan tahapan Analysis Design Development Implementation Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media angket validasi materi dan angket keterbacaan. Hasil persentase kelayakan berturut-turut dari uji validasi ahli materi ahli media dan guru yaitu 94 83% 99 33% dan 91 67% sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi. Persentase uji keterbacaan oleh 20 siswa diperoleh rata-rata 85 91% sangat baik. Siswa tertarik untuk mengembangkan gagasan dan ide untuk menjawab permasalahan secara kolaboratif dan saling menilai teman kelompo sehingga indikator fluency flexibility originality elaboration tercapai. Dengan demikian E-modul Berbasis Project Based Learning-Science Technology Engineering and Mathematicsdengan Asesmen Formatif layak digunakan sebagai sumber belajar. Untuk penelitian mendatang disarankan agar produk pengembangan e-modul ini ditindaklanjuti dengan diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304999

Actions (login required)

View Item View Item