Widodo, Muhammad Adi (2021) Analisis kontekstualitas media pembelajaran mahasiswa KPL di SMPN 1 Karangploso materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan dinamika populasi akibat interaksi tersebut pada pembelajaran mode daring di masa pandemi covid-19 / Muhammad Adi Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ANALISIS KONTEKSTUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA KPL DI SMPN 1 KARANGPLOSO MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DAN DINAMIKA POPULASI AKIBAT INTERAKSI TERSEBUT PADA PEMBELAJARAN MODE DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Muhammad Adi Widodo Sugiyanto Muhammad Fajar Marsuki Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang ABSTRAK Pandemi Covid-19 mengakibatkan transformasi sistem pendidikan dari pembelajaran luring ke pembelajaran mode daring. Meskipun demikian pendidik harus tetap berusaha membuat pembelajaran yang berbasis pengalaman belajar salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontekstualitas media pembelajaran IPA di tingkat SMP pada pembelajaran mode daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 2 media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran mode daring untuk siswa kelas VII SMP pada KD 3.7 dan 4.7 saat kegiatan kajian praktik lapangan (KPL). Data primer terdiri dari Powerpoint dan Handout. Data skunder terdiri dari perangkat pembelajaran hasil wawancara dan rekaman audio. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yang terdiri dari observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari analisis diketahui bahwa kontekstualitas media pembelajaran meliputi 2 aspek yaitu kesesuaian media pembelajaran dengan struktur materi esensial dan kesesuaian media pembelajaran dengan kegiatan belajar siswa sesuai tuntutan kompetensi dasar. Selin itu diketahui bahwa kontekstualitas media pembelajaran berupa Powerpoint lebih tinggi dibanding Handout dari segi kelengkapan materi esensial yang disajikan. Kata Kunci Covid-19 Pembelajaran mode daring Kontekstualitas Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |