Wahyuni, Siti Suci (2021) Pengembangan bahan ajar kebencanaan berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) berorientasi berpikir kritis / Siti Suci Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi berpikir kritis yang dikembangkan sesuai dengan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan. Namun pada penelitian ini dibatasi dengan hanya sampai tahap kelima diantaranya (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan model atau produk awal (4) uji lapangan pendahuluan dan uji ahli (5) revisi produk utama. Hasil penelitian ini yaitu bahan ajar yang telah dilakukan validasi oleh ahli dan uji keterbacaan pada siswa. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian ahli diperoleh persentase sebesar 82 6% yang menunjukkan jika bahan ajar yang dikembangkan sangat layak. Sedangkan hasil dari uji keterbacaan siswa kelas 8 MTsN 1 Kota Malang menunjukkan persentase sebesar 84 5% yang menandakan jika bahan ajar yang dikembangkan sangat menarik. Dari kedua uji tersebut dapat disimpulkan jika bahan ajar kebencanaan berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) berorientasi berpikir kritis sangat layak dan menarik digunakan dalam pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini dapat mengisi kebutuhan bahan ajar yang mampu menuntun peserta didik dalam penguasaan materi pembelajaran dengan baik dan menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik yang kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |