Pengembangan bahan ajar klasifikasi dan perubahan materi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Fitri Rif\'atul Izza</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar klasifikasi dan perubahan materi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Fitri Rif\'atul Izza</p>

Izza, Fitri Rif'atul (2022) Pengembangan bahan ajar klasifikasi dan perubahan materi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Fitri Rif\'atul Izza</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diterapkannya kurikulum 2013/K-13 merupakan upaya pemerintah untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Bahan Ajar Klasifikasi dan Perubahan Materi berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis yang layak menurut penilaian ahli dan dapat dipahami oleh siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan Research and Development (R amp D) model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi (2) merencanakan (3) mengembangkan produk awal (4) uji validasi ahli dan uji coba lapangan (5) melakukan perbaikan produk awal (6) uji coba lapangan (7) operasional produk (8) uji lapangan operasional (9) perbaikan produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Namun demikian karena keterbatasan waktu penelitian ini baru menyelesaikan langkah ke 5. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah angket wawancara lembar validasi dan angket uji keterbacaan. Penilaian produk dilakukan oleh dua validator ahli dosen Program Sarjana Pendidikan IPA dan guru IPA SMP Negeri 3 Malang. Sedangkan untuk uji keterbacaan melibatkan 25 siswa SMP Negeri 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata penilaian yang diberikan oleh validator adalah 95 53% dengan kategori sangat layak dan (2) skor rata-rata keterbacaan yang diberikan oleh siswa adalah 87 72% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Bahan Ajar Klasifikasi dan Perubahan Materi berbasis ESII hasil pengembangan ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304994

Actions (login required)

View Item View Item