Pengembangan e-modul berbasis problem based learning (pbl) pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas viii SMP / Anisah Hanun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis problem based learning (pbl) pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas viii SMP / Anisah Hanun

Hanun, Anisah (2021) Pengembangan e-modul berbasis problem based learning (pbl) pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas viii SMP / Anisah Hanun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan Indonesia memiliki beberapa karakteristik dalam proses pembelajarannya. Namun semua karakteristik tersebut belum ditemui secara maksimal dalam proses pembelajaran salah satunya adalah pada materi sistem ekskresi manusia. Siswa membutuhkan visualisasi yang dapat membantu memahami materi tersebut serta model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan permasalahan nyata yang ditemui di lingkungan sekitar dengan memaksimalkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis sehingga diperoleh pengetahuan dan konsep. Oleh karena itu penelitian ini hadir dengan tujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi manusia yang layak serta untuk mengetahui tingkat efektivitas e-modul dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas VIII SMP. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development/R D) oleh Sugiyono (2013) dengan analisis data menggunakan teknik analisis persentase untuk menilai kelayakan e-modul dan perhitungan Normalized gain score (N-gain) untuk menilai tingkat keefektifan e-modul. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan e-modul dikategorikan sangat layak untuk digunakan di dalam pembelajaran dengan skor penilaian materi 94% dan penilaian media sebesar 85%. E-modul juga memiliki tingkat keefektifan tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor N-gain 0 72.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304992

Actions (login required)

View Item View Item