Pengembangan bahan ajar tekanan zat berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) untuk meningkatkan literasi sains siswa / Galuh Hegmatiyar Nourillah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tekanan zat berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) untuk meningkatkan literasi sains siswa / Galuh Hegmatiyar Nourillah</p>

Nourillah, Galuh Hegmatiyar (2022) Pengembangan bahan ajar tekanan zat berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) untuk meningkatkan literasi sains siswa / Galuh Hegmatiyar Nourillah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu luaran utama Kurikulum 2013 Indonesia. Namun demikian survei PISA mengenai literasi sains menunjukkan hasil bahwa siswa di Indonesia memiliki kemampuan literasi sains yang masih rendah yakni terletak pada peringkat 10 terbawah dari 79 negara. Upaya peningkatan literasi sains siswa salah satunya dapat dilakukan melalui penyediaan bahan ajar dengan model pembelajaran yang mendukung. Salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan adalah Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Materi pelajaran Tekanan Zat mencakup fenomena alam yang bisa diamati dimanipulasi dan diselidiki serta pengetahuan konseptual yang bisa digunakan untuk menjelaskan fenomena alam sehingga materi ini relevan dengan aspek-aspek literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menganalisis validitas bahan ajar Tekanan Zat untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian Research and Development menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis perencanaan pengembangan implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan hingga tahap pengembangan. Validasi bahan ajar dilakukan oleh tiga orang ahli sedangkan analisis keterbacaanya dilakukan oleh 29 siswa kelas VIII. Hasil validasi menunjukkan bahwa skor rata-rata validitas bahan ajar yang diberikan para ahli adalah 93 29% dengan kategori sangat layak. Sedangkan skor rata-rata keterbacaan bahan ajar yang diberikan oleh responden adalah 84 38% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Tekanan Zat berbasis ESII untuk meningkatkan literasi sains siswa valid dan layak untuk dilanjutkan ke tahap implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304989

Actions (login required)

View Item View Item