Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis authentic PBL+STEM dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan Kelas VII SMP / Fadhilatun Nisa\'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis authentic PBL+STEM dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan Kelas VII SMP / Fadhilatun Nisa\'</p>

Nisa', Fadhilatun (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis authentic PBL+STEM dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan Kelas VII SMP / Fadhilatun Nisa\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pencemaran lingkungan menjadi permasalahan serius saat ini sehingga pentingnya memahami materi pencemaran lingkungan bagi siswa dalam mengatasi terjadinya pencemaran lingkungan. Selain itu kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam memecahkan permasalahan pencemaran lingkungan. Namun beberapa penelitian mengenai hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan masih rendah. Sementara itu solusi perangkat pembelajaran berbasis authentic PBL STEM dengan asesmen formatif untuk mengatasi lemahnya berpikir kreatif pada materi pencemaran lingkungan masih jarang dilakukan. Sehingga dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis authentic PBL STEM dengan asesmen formatif sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode R amp D dengan model 4D yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi diperoleh rata-rata persentase 97 5% sehingga termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata persentase 91 1% termasuk kategori sangat praktis dan hasil uji keterbacaan diperoleh rata-rata persentase 93 6% termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat diaplikasikan sebagai peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Rekomendasi untuk penelitian mendatang adalah produk pengembangan ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan penerapan implementasi produk dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304988

Actions (login required)

View Item View Item