Pengembangan e-modul berbantuan physics education technology (phet) pada materi listrik dinamis untuk memfasilitasi keterampilan proses sains siswa SMP / Firdha Cahyaningwulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbantuan physics education technology (phet) pada materi listrik dinamis untuk memfasilitasi keterampilan proses sains siswa SMP / Firdha Cahyaningwulan

Cahyaningwulan, Firdha (2022) Pengembangan e-modul berbantuan physics education technology (phet) pada materi listrik dinamis untuk memfasilitasi keterampilan proses sains siswa SMP / Firdha Cahyaningwulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Di masa pandemi covid-19 praktikum tidak dapat terlaksana secara tatap muka di laboratorium. Kondisi ini melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan mengharuskan guru untuk memanfaatkan teknologi dengan maksimal agar kegiatan pembelajaran dapat tetap terlaksana. Ketidakterlaksananya praktikum menjadi kendala dalam proses pembelajaran IPA dan perkembangan keterampilan proses sains siswa. Aplikasi PhET dapat menjadi media pembelajaran alternatif untuk pembelajaran yang membutuhkan kegiatan praktikum seperti listrik dinamis. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dipilih karena sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SMP/MTs yang berada pada periode perkembangan yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e- modul materi listrik dinamis berbantuan PhET yang valid dan dapat digunakan untuk memfasilitasi keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan R amp D dengan model penelitian 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yakni tahap pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Pengumpulan data melalui wawancara pada guru angket analisis kebutuhan dan uji keterbacaan untuk siswa angket uji kepraktisan guru serta angket validasi ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase 91 33% (sangat valid) validasi kelayakan materi menunjukkan persentase dan 84 33%% (sangat valid) dan validasi kebenaran konsep menunjukkan persentase 100% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan oleh guru mata pelajaran IPA menunjukkan persentase 98% (sangat valid) dan hasil uji keterbacaan oleh siswa menunjukkan persentase 87 76% (sangat valid). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa E-Modul Berbantuan Physics Education Technology (PhET) pada Materi Listrik Dinamis valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil respon validator ahli dan pengguna e-modul yakni guru dan siswa e-modul ini dapat memfasilitasi keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 14 Mar 2024 05:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304986

Actions (login required)

View Item View Item