Pengembangan cerpen sains pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan minat baca Siswa SMP/MTS Kelas VIII / Siti Hafifatul Rofiah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan cerpen sains pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan minat baca Siswa SMP/MTS Kelas VIII / Siti Hafifatul Rofiah</p>

Rofiah, Siti Hafifatul (2021) Pengembangan cerpen sains pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan minat baca Siswa SMP/MTS Kelas VIII / Siti Hafifatul Rofiah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyebab siswa kurang minat membaca materi sistem pernapasan manusia SMP/MTs kelas VIII ialah siswa tidak mengetahui tujuan dalam kegiatan membaca fenomena yang digunakan jauh dengan kehidupan sehari-sehari siswa dan bahasa yang digunakan terlalu berat dan terlalu kaku. Media yang sering digunakan guru dalam meningkatkan minat baca siswa hanya buku paket siswa dimana media tersebut kurang efektif digunakan. Adanya media cerpen sains dapat memfasilitasi kurang efektifnya media yang digunakan guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cerpen sains pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan minat baca siswa SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi dilakukan pada setiap tahap akhir penelitian. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif berupa wawancara kebutuhan guru serta saran dan komentar validator. Data kuantitatif berupa skor hasil validasi ahli materi media bahasa guru dan keterbacaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validasi ahli materi ahli media ahli bahasa guru dan uji keterbacaan. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen sains yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan berturut-turut dari uji validasi ahli materi ahli media ahli bahasa dan guru ialah 100% 94 02% 86 46% dan 72 29%. Sedangkan persentase uji keterbacaan siswa sebesar 85 25%. Dapat disimpulkan bahwa cerpen sains yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid (layak digunakan) dan sangat baik. Diharapkan untuk dilakukan uji efektifitas produk ke siswa SMP/MTs kelas VIII dan pengembangan cerpen sains untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304984

Actions (login required)

View Item View Item