Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis website untuk memudahkan pemahaman siswa pada materi getaran dan gelombang Kelas VIII SMP/MTs / Zaela Purwita Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis website untuk memudahkan pemahaman siswa pada materi getaran dan gelombang Kelas VIII SMP/MTs / Zaela Purwita Cahyaningrum

Cahyaningrum, Zaela Purwita (2022) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis website untuk memudahkan pemahaman siswa pada materi getaran dan gelombang Kelas VIII SMP/MTs / Zaela Purwita Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wabah Covid-19 yang telah meluas secara global termasuk Indonesia menimbulkan dampak pada berbagai aspek kehidupan terutama pendidikan. Sistem pembelajaran yang dulunya dilaksanakan dengan bertatap secara langsung kini berganti menjadi pembelajaran secara online (daring). Dalam pembelajaran daring teknologi berperan penting dalam menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran. Dibutuhkan suatu inovasi perangkat pembelajaran yang menarik kreatif serta mampu mendorong kemandirian belajar dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan studi pustaka pemahaman siswa terhadap materi getaran dan gelombang masih terbilang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut upaya yang dilakukan salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis website pada materi getaran dan gelombang yang layak diterapkan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah R amp D dengan menerapkan model Hannafin dan Peck (1988) yang memuat 3 tahapan pelaksanaan yaitu fase analisis kebutuhan fase desain dan fase pengembangan dan implementasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan informasi adalah pengisian angket dan wawancara. Data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif berbentuk catatan kritik maupun perbaikan dan data kuantitatif dari skor validasi ahli materi dan ahli media guru dan uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan presentase kelayakan website bahan ajar dari validasi media sebesar 91% validasi materi 97 5% validasi guru IPA 96% dan uji keterbacaan pada 30 siswa sebesar 83 2%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbasis website yang dikembangkan sangat valid dan layak diimplementasikan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304983

Actions (login required)

View Item View Item