Pengembangan e-modul berbasis pendekatan steam pada materi zat aditif dan zat adiktif sebagai media belajar alternatif masa pandemi covid-19 untuk siswa Kelas VIII SMP / Azmil Azhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis pendekatan steam pada materi zat aditif dan zat adiktif sebagai media belajar alternatif masa pandemi covid-19 untuk siswa Kelas VIII SMP / Azmil Azhari

Azhari, Azmil (2022) Pengembangan e-modul berbasis pendekatan steam pada materi zat aditif dan zat adiktif sebagai media belajar alternatif masa pandemi covid-19 untuk siswa Kelas VIII SMP / Azmil Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terdapat berbagai permasalahan pada sektor pendidikan di masa pandemi COVID-19 karena pembelajaran yang diharuskan dengan metode daring. Dengan pembelajaran daring kemandirian siswa harus dilatih selain itu pembelajaran tidak dapat tersampaikan secara utuh sehingga berakibat terhadap dampak keterlambatan siswa dalam memahami pembelajaran. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran guna menunjang keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis pendekatan STEAM pada materi zat aditif dan zat adiktif sebagai media belajar alternatif masa pandemi COVID-19 untuk siswa kelas VIII SMP yang layak. Metode penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan multimedia dari Lee amp Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Data yang dikumpulkan menggunakan data kuantitatif berupa skor ahli media materi guru dan dan keterbacaan dan untuk data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validasi ahli materi ahli media guru dan keterbacaan. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan rata ndash rata persentase dari nilai validasi ahli materi adalah 97% sedangkan ahli media mendapatkan persentase 96% perolehan persentase guru 100% dan perolehan rata-rata persentase 97% dari hasil data angket kepada siswa. Artinya media e-modul zat aditif dan zat adiktif berbasis STEAM layak digunakan untuk proses pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 24 Jan 2024 01:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304982

Actions (login required)

View Item View Item