Pengembangan bahan ajar sistem organisasi kehidupan berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Harista Nur Fiddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sistem organisasi kehidupan berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Harista Nur Fiddin

Fiddin, Harista Nur (2022) Pengembangan bahan ajar sistem organisasi kehidupan berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis / Harista Nur Fiddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu terus diterapkan dalam proses pembelajaran. Tujuan adanya kemampuan berpikir kritis yaitu untuk menghasilkan siswa yang kompeten dan mahir dalam memecahkan masalah sehari-hari serta mampu menjawab tantangan revolusi 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar Sistem Organisasi Kehidupan berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi keterampilan berpikir kritis dan untuk menentukan kelayakan serta keterbacaan produk bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R amp D) dengan model 10 langkah Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah sesuai kebutuhan penelitian yaitu (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli dan uji coba awal (5) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket/kuesioner. Hasil uji validasi ahli dari empat aspek yaitu tampilan dan kelengkapan bahan ajar kesesuaian materi relevansi sintaks dan aktivitas belajar siswa dengan variabel dan kebahasaan diperoleh skor rata-rata 96 71% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan siswa pada 25 siswa kelas VIII SMPN 24 Malang diperoleh persentase sebesar 86 72% dengan kategori sangat layak. Selain itu diperoleh respon siswa terhadap bahan ajar yaitu sebanyak 32% siswa menyatakan bahwa bahan ajar ESII baik digunakan dan 68% siswa menyatakan bahan ajar ESII sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Sistem Organisasi Kehidupan berbasis ESII yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi sistem organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 06:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304981

Actions (login required)

View Item View Item